Cara Mudah Budidaya Buah Lengkeng

Cara Mudah Budidaya Buah Lengkeng dengan hasil panen yang cukup baik bisa dilakukan dengan media pot selain bisa menjadi tanaman buah lengkeng dalam pot juga bisa menjadi tanaman hias yang indah.

Lengkeng adalah salah satu buah yang cukup mudah untuk ditanam. Lengkeng ini juga merupakan jenis buah yang tidak mengharuskan menggunakan lahan dengan ketinggian tertentu untuk menanamnya. Bahkan Anda bisa menanam lengkeng dengan menggunakan media tanam pot. Jadi, Anda bisa menghasilkan buah sendiri dengan rasa manis dan enak hanya dengan menggunakan media pot yang ada di rumah Anda. Selain itu, menanam buah lengkeng dengan menggunakan media pot juga bisa menjadi salah satu tanaman hias yang cukup menarik untuk dilihat. Dengan gizi yang cukup baik pada buah lengkeng maka tidak ada salahnya Anda menanam buah lengkeng Anda sendiri. Berikut adalah Cara Mudah Budidaya Buah Lengkeng dengan menggunakan media pot untuk Anda.

1. Pilih lengkeng yang baik sebagai bibit

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam penanaman lengkeng dengan menggunakan media pot adalah pemilihan bibit untuk lengkeng. Ada beberapa jenis lengkeng yang bisa Anda pilih salah satu yang terbaik adalah lengkeng ping-pong. Lengkeng ini adalah jenis lengkeng yang mudah ditanam dan bisa berbuah dengan mudah jadi cukup tepat untuk ditanam dengan menggunakan sebagai cara menanam lengkeng dengan media pot ini. Anda bisa mencari bibit tanaman lengkeng pada penjual bibit yang ada di dekat rumah Anda. Pastikan juga jika bibit yang digunakan adalah bibit yang berasal dari biji atau juga bisa dari hasil okulasi.

2. Pemilihan pot dan media tanam

Anda bisa memilih jenis pot yang menggunakan bahan plastik, beton atau juga bisa menggunakan drum bekas untuk penanaman. Sesuaikan tinggi bibit yang digunakan dengan pot yang dipilih. Jika bibit yang digunakan semakin tinggi maka pot yang digunakan juga harus lebih besar. Cara menanam kelengkeng adalah pemilihan media tanam. Media tanam yang baik untuk buah lengkeng adalah hasil percampuran tanah, sekam, pasir, dan juga pupuk kandang perbandingannya sendiri adalah 1:1:1:2. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan pupuk kandang dari kotoran kampir dikarenakan fosfor yang dihasilkan lebih banyak. Sebelum media tanam dimasukkan dalam pot, dasar pot harus diberikan potongan denting atau juga sterofoam dengan ketinggian 5 hingga 5 cm.

3. Perawatan

Jika tanaman Buah Buahan lengkeng sudah ditanam dan dimasukkan dalam pot cara menanam lengkeng berikutnya adalah perawatan. Lakukanlah penyiraman pada buah lengkeng dengan masa 2 hari sekali menggunakan 2 gayung air. Jangan menggunakan terlalu banyak air karena bisa membuat akar terendam berikutnya akan membusuk dan bercacing akibatnya tanaman akan mati. Berikutnya adalah pemupukan, pemupukan pohon lengkeng dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan sekali. Pada bulan pertama gunakan pupuk taikam atau taodom. Selanjutnya, Anda bisa gunakan pupuk NPK dengan perbandingan 16:16:16.

Hal yang selanjutnya dilakukan adalah pemangkasan batang. Pemangkasan batang ini akan membuat tajuk lebih indah. Selain itu, dengan pemangkasan ini batang juga akan semakin banyak dengan demikian calon bunga akan semakin banyak juga. Cara menanam lengkeng dalam hal perawatan berikutnya adalah penempatan pot. Agar pertumbuhan buah lengkeng semakin maksimal letakkanlah buah lengkeng pada area dengan pencahayaan yang baik setidaknya bisa 6 hingga 7 jam mendapatkan sinar matahari.

Baca Juga : Cara Menanam Buncis Yang Baik

Itulah sedikit info untuk Cara Mudah Budidaya Buah Lengkeng yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan media pot. Tidak sulit bukan hal ini dikarenakan buah lengkeng yang juga memang jenis buah yang tidak ribet untuk ditanam. Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai tanaman buah pribadi dan juga tanaman hias yang akan membuat rumah Anda semakin terlihat indah.