Cara Menanam Ubi Kayu Yang Baik dan Benar

adsense-fallback

Cara Menanam – Budidaya ubi kayu atau singkong Yang Baik dan Benar sebenarnya sangat mudah. Singkong dapat tumbuh di mana saja, dengan masa panen sekitar 8-10 bulan bisa langsung di konsumsi.

Singkong sendiri termasuk salah satu sumber makanan yang kedua, paling banyak di gunakan sebagai bahan makanan untuk mencukupi karbohidrat dalam tubuh. Tak hanya itu saja, singkong atau ubi kayu juga dijadikan sebagai bahan utama industri paling banyak dicari. Di samping singkong sangat mudah di tanam, singkong juga dapat tumbuh di mana pun. Walaupun memang singkong bisa di tanam dengan begitu mudah, namun agar memperoleh hasil maksimal tetap membutuhkan kerja keras.

adsense-fallback

Bagi para pemula yang ingin mengetahui bagaimana Cara menanam ubi kayu dengan baik hingga menghasilkan perolehan panen secara maksimal. Maka Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapan Untuk Lahan Tanam

Sebelum Anda menanam ubi kayu atau singkong yang baik dan benar, sebaiknya gemburkan lebih dulu lahan untuk tanam ubi kayu tersebut. Adapun caranya yaitu dengan mencangkul tanah kemudian buat gundukan. Gundukan tanah untuk tanam ubi kayu sebaiknya diisikan dengan sampah yang berupa rumput atau daun-daun yang kering. Dedaunan kering sendiri berguna untuk tambahan pupuk atau humus yang bisa menyuburkan tanah. Sementara tambahkan pula oleh pupuk kandang sekitar 5 ton per hektar. Nah, agar mencegah terendam air atau banjir, Anda bisa membuat jalur saluran air pada gundukan-gundukan.

2. Proses Persiapan Bibit Ubi Kau

Budidaya ubi kayu berikutnya adalah proses persiapan bibit ubi kayu. Untuk dapat menanam ubi kayu di areal seluas 1 hektar pada jarak tanam sekitar 100×100 cm, maka bibit yang diperlukan sekitar 9000 batang. Adapun batang ubi kayu yang berkualitas sendiri memiliki diameter sekitar 2-3c. Sementara pemotongan pada batang stek bisa dilakukan memakai sabit atau pisau tajam yang steril. Hindari menggunakan gergaji sebab gesekan pada gergaji sendiri bisa menimbulkan panas dan dapat merusak pangkal pada batang. Adapun potongan batang yang di setek sebaiknya sekitar 3 sampai 4 ruas mata dengan ukuran 15-20 cm.

3. Proses Penanaman Bibit Ubi Kayu

Masa penanaman ubi kayu atau singkong lebih baik dilakukan saat awal musim kemarau kemudian bisa di panen di musim hujan awal. Proses cara menanamnya pun wajib diperhatikan, di mana ketika menanam batang ubi kayu sebaiknya perhatikan mata tunasnya terlebih dulu. Dimana arah dari mata tunas sebaiknya mengarah ke bagian atas.

4. Pemeliharaan dan Perawatan Ubi Kayu

Perawatan dan tahap pemeliharaan ubi kayu sebenarnya sangat mudah, bahkan bisa dibilang paling mudah dibandingkan jenis tanaman budidaya yang lainnya. Sesudah mata tunas tumbuh, Anda harus menjaga supaya di sekitar tanaman tak ditumbuhi oleh rumput dan tetap bersih. Anda bisa melakukan proses penyiraman dengan teratur supaya kebutuhan air bisa terpenuhi serta tambah pupuk dengan tepat agar meningkatkan bobot pada buah ubi kayu.

5. Proses Pemupukan

Ubi kayu sendiri sebenarnya, tak perlu dilakukan pupuk. Adapun ukuran buah sendiri bergantung dari sifat kegemburan tanah. Walaupun begitu, bila Anda ingin memperoleh hasil maksimal yang berkualitas ada baiknya untuk melakukan pemupukan kira-kira 2 kali dalam masa hidup ubi kayu. Pemupukan bisa dilakukan 4 hari sesudah waktu tanam, dengan pupuk NPK 200 kg per hektarnya. Sesudah tanaman berusia 3 bulan memakai NPK 300 kg/ha.

6. Masa Panen

Adapun masa panen ubi kayu sendiri bisa dilakukan sesudah tanaman berumur 9-10 bulan, hal ini tergantung dari kegunaannya. Jika untuk dikonsumsi sendiri ada baiknya di panen sekitar 8-9 bulan. Namun bila digunakan untuk kebutuhan industri bila ingin diambil bagian pati atau tepungnya maka dapat dipanen sesudah usianya mencapai 10 bulan. Adapun cara pemanenan sendiri bisa dilakukan dengan memangkas batang pada ubi kayu secara tetap dengan meninggalkan batang 15 meter agar memudahkan proses pencabutan. Adapun pencabutan batang ubi kayu sendiri bisa memakai alat pengungkit atau tangan. Jangan memakai cangkul untuk mencabut batang, sebab permukaan cangkul yang lebar bisa membuat buah pada ubi kayu bisa terluka.

Baca Juga : Cara Menanam Bengkuang dan Cara Menanam Budidaya Tebu

Biasanya setelah dipanen, maka daya penyimpanan dari ubi kayu pun menjadi sangat rendah, di mana hanya dapat mencapai sekitar 3 hari saja bila umbi dengan kondisi utuh. Demikianlah ulasan mengenai Cara Menanam Ubi Kayu Yang Baik dan Benar dengan tepat!

adsense-fallback