Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara Menanam – Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar harus dilakukan dengan benar agar dapat memberikan hasil yang berkualitas. Mulai dari pemilihan bibit hingga perawatan harus dilakukan dengan benar.

Cara menanam tomat tidak bisa dilakukan secara sembarang, pasalnya dapat mempengaruhi kualitas buahnya. Cara menanam yang baik dan benar akan memberikan hasil buah yang bagus, segar dan juga berkualitas. Oleh karena itu, penanaman tomat sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Tomat sendiri dikategorikan sebagai sayuran, walaupun memiliki struktur buah. Tomat dapat tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi, tergantung dari varietasnya. Bagi Anda yang tertarik ingin menanam tomat, simak ulasan berikut ini.

Cara berikut ini merupakan cara menanam sayuran tomat dalam polybag. Ini dia beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan lakukan dalam menanam tomat:

1. Memilih jenis

Tomat yang ada di Indonesia saat ini terbagi atas beberapa jenis, dapat dibedakan dari bentuk dan ukurannya. Jenis yang pertama yaitu tomat buah, memiliki ukuran besar dengan rasa yang manis dan segar. Jenis lainnya yaitu tomat gondol, memiliki bentuk lonjong dan banyak digunakan untuk pembuatan saus. Jenis berikutnya yaitu tomat sayur, ukurannya sedang dan rasanya manis dan sedikit asam. Jenis yang terakhir yaitu tomat ceri, tomat ini memiliki ukuran kecil serta rasanya yang asam.

Setelah mengetahui jenis-jenis tomat tersebut, Anda dapat memilih jenis tomat sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu cara menanam tomat yang baik dan benar yaitu dengan memilih jenis tomat yang sesuai dengan kondisi tempat dan iklim. Sesuaikan dengan kondisi tempat yang akan Anda gunakan serta kondisi iklim ketika Anda menanam tomat tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda dapat memilih bibit unggul yang dapat Anda peroleh dari sumber tepercaya. Agar hasil buahnya seperti pada Cara Menanam Semangka yang telah diulas sebelumnya.

Cara Menanam Tomat

2. Penyemaian benih

Karena Anda menanam tomat ini menggunakan polybag, ada baiknya jika Anda melakukan penyemaian benih. Hal ini penting untuk Anda lakukan, pasalnya benih yang baru tumbuh membutuhkan perlakuan berbeda dibandingkan benih yang sudah tumbuh besar. Cara menanam tomat dalam polybag yang satu ini membutuhkan tempat yang aman. Di mana tumbuhan tomat tidak akan terkena hujan ataupun terkena sinar matahari langsung.

Persemaian benih tomat dapat Anda lakukan dengan menggunakan polybag semai, rak semai ataupun bedengan. Jika Anda menggunakan bedengan, Anda dapat membuat larik dengan kedalaman 1 cm. Selain itu, buat jarak antar benih dengan panjang sekitar 3 cm dan jarak antar larik sekitar 5 cm. Tutupi permukaannya kemudian siram menggunakan air secukupnya saja. Setelah disemaikan, siram benih tersebut 2 kali dalam seminggu. Anda juga dapat menambahkan pupuk kompos atau jenis pupuk lain, cara menanam Sayur Sayuran ini penting untuk Anda lakukan.

3. Pemindahan bibit

Setelah benih selesai disemaikan, Anda dapat melakukan pemindahan bibit tanaman tomat tersebut. Pemindahan dapat Anda lakukan langsung ke polybag, isi polybag dengan tanah, kompos dan arang sekam. Perbandingannya yaitu 2:1:1 untuk mendapatkan tekstur tanah yang bagus. Pemindahan bibit ini dapat dilakukan dengan 2 cara yang aman untuk dilakukan. Cara yang pertama yaitu dengan menyiram tanah persemaian, setelah basah cabut bibit secara perlahan. Cara yang kedua yaitu dengan memutar bibit lalu cabut. Cara menanam tomat ini juga harus dilakukan dengan benar agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

4. Perawatan tanaman

Jika Anda sudah melakukan ketiga cara di atas maka Anda harus melakukan perawatan tanaman dengan tepat. Tanaman tomat yang Anda tanam tersebut harus disiram secara rajin, lakukan penyiraman setidaknya 2 hari sekali. Namun perlu diingat bahwa jangan menyiram tanaman terlalu sering, hal itu dapat membuat akar cepat membusuk. Akibatnya tanaman tomat Anda menjadi rusak dan mati.

Baca Juga : Cara menanam cabe

Itulah cara yang baik dan benar dalam menanam tomat di dalam polybag. Bagi Anda yang ingin menanam tomat dengan hasil yang memuaskan, Anda dapat mengikuti cara-cara tersebut. Setelah melakukan cara-cara tersebut, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunggu masa panen. Tomat yang Anda tanam tersebut dapat Anda panen setelah usia sekitar 3 bulan. Sekian mengenai Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar dalam polybag yang baik dan benar.