Cara Menanam Sirih Paling Mudah di Rumah

Cara Menanam Sirih dengan metode stek adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda dapat melakukan stek batang atau pemotongan batang yang dijadikan sebagai bibit.

Artikel Menanam sirih berikut ini dapat Anda simak bagi Anda yang ingin menanam tanaman sirih. Sirih adalah salah satu tanaman herbal yang sangat disarankan agar ditanam di pekarangan rumah. Sirih mengandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan, sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Sirih dapat digunakan untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh secara maksimal. Manfaat sirih yang paling terkenal yaitu dapat mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan dan bau yang tidak sedap. Bagi Anda yang mengalami keputihan, manfaatkan daun sirih untuk mengatasinya secara maksimal.

Masalah keputihan dapat diatasi secara cepat dan efektif menggunakan daun sirih. Selain itu, penggunaan air rebusan daun sirih juga untuk pengobatan penyakit-penyakit lainnya. Untuk itu, menanam daun sirih di pekarangan rumah adalah pilihan yang tepat. Dengan menanam tanaman sirih, Anda dapat mengambil dan menggunakan daun sirih tersebut kapan saja ketika Anda butuh. Cara menanam sirih sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Simak uraian berikut yang akan membahas secara lengkap cara menanam tanaman sirih di pekarangan rumah.

Cara Menanam Tanaman Sirih Sederhana

Menanam sirih tidak jauh berbeda seperti menanam tanaman lainnya, jika dilakukan dengan benar maka dapat tumbuh subur. Baik tanah, bibit dan proses penanaman harus dipilih dan dilakukan secara tepat. Jika tidak maka tanaman sirih yang Anda tanam hanya akan layu, kering dan akhirnya mati. Menanam sirih memang harus dilakukan secara maksimal, ini dia langkah-langkahnya versi CaraMenanam.Net:

1. Pemilihan bibit

Untuk menanam tanaman sirih, Anda dapat menggunakan cara stek batang atau pemotongan batang. Potonglah batang sirih yang sudah tua dan berakar, potong sepanjang 5 hingga 10 meter. Cara penanaman yang satu ini merupakan cara menanam sirih yang paling mudah untuk dilakukan. Setelah dipotong, rendam batang sirih tersebut di dalam air selama kurang lebih 15 menit. Batang sirih tersebut siap untuk ditanam di media tanam atau di pekarangan rumah Anda. Lakukan cara ini jika Anda sudah menyiapkan lahan sebagai tempat untuk menanam sirih.

2. Siapkan media tanam

Untuk menanam tanaman sirih, pilihlah tempat yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu lembab. Cara menanam sirih yang benar yaitu pilih tempat yang mendapatkan sinar matahari sekitar 60 hingga 80 persen saja. Gemburkan tanah tersebut lalu siram menggunakan air, diamkan selama sehari. Taburi tanah tersebut menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos lalu siram lagi dengan air. Diamkan lagi tanah tersebut selama sehari, selanjutnya Anda dapat menanam sirih yang sudah Anda siapkan.

3. Perawatan

Cara menanam sirih dengan stek batang ini memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, Anda harus rajin merawat tanaman sirih tersebut sampai benar-benar tumbuh subur. Siramlah tanaman sirih secara rutin di pagi dan sore hari agar tidak mudah layu ataupun mati. Tanaman sirih yang kekurangan air akan mudah layu dan juga mati.

Baca Juga : Cara Menanam Terong Yang Baik

Itulah cara menanam tanaman sirih yang paling mudah yaitu dengan menggunakan metode stek batang. Anda juga dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan metode merunduk dan juga stek air. Untuk metode stek sendiri, Anda juga dapat menanam sirih di dalam polibag sebelum dipindah ke pekarangan rumah Anda. Tanamlah bibit di dalam polibag yang berisi tanah dan pupuk, setelah tumbuh subur barulah Anda dapat memindahnya. Jika Anda memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, manfaatkanlah untuk menanam tanaman sirih. Sekian ulasan mengenai Cara Menanam Sirih Paling Mudah di Rumah, selamat mencoba.