Cara Menanam Sirih Merah

Petani Indonesia – Budidaya tanaman sirih merah yang baik dan benar tidaklah terlalu sulit. Ada tiga teknik yang biasa digunakan untuk menanam sirih merah, yaitu teknik stek, teknik merunduk, dan teknik stek air.

Namun, untuk menanam Tanaman Herbal ini memang diperlukan ketekunan untuk merawatnya. Tanaman sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman obat yang saat ini banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata tanaman ini mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes, radang tenggorokan, melancarkan haid, mengobati keputihan, menghilangkan bau mulut, dan lain sebagainya. Tak heran jika Sirih merah saat ini banyak ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman obat sekaligus sebagai tanaman hias. Apabila Anda juga tertarik untuk menanam sirih merah, ada baiknya Anda mempelajari habitat awal dari tanaman ini.

Sirih merah termasuk golongan juga kedalam Tanaman Hias yang merambat yang lebih menyukai tempat yang teduh. Tanaman ini biasanya merambat pada pohon yang lebih besar, sehingga ia bisa ternaungi oleh pohon tersebut. Sirih merah yang tumbuhnya di tempat yang teduh, maka daunnya akan tumbuh lebar. Selain itu, batangnya juga nampak berisi. Apabila sering terpapar sinar matahari, maka batangnya akan cepat mengering. Sebaliknya jika terlalu banyak air, akar dan batangnya cepat membusuk. Agar tanaman sirih merah Anda bisa tumbuh subur, sebaiknya Anda memberi perlindungan pada tanaman tersebut dengan menggunakan paranet.

Anda juga bisa meletakkan tanaman Anda di tempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung dan juga terlindung dari terkena air hujan secara langsung. Apabila Anda memiliki pekarangan yang cukup luas, Anda bisa menanam tanaman obat ini langsung di tanah. Namun bila pekarangan Anda terbatas, Anda bisa juga menggunakan media pot dan polybag.

Sebagai langkah awal proses budidaya sirih merah, Anda perlu menyiapkan media tanam terlebih dahulu, yaitu dengan mencampur tanah, kompos dan pasir, dengan perbandingan 3:3:1. Apabila media tanam telah siap, Anda bisa memasukkan media tanam pada pot, polybag atau lubang tanah yang sudah disiapkan sebagai tempat untuk menanam. Apabila Anda menggunakan pot atau polybag, pastikan jika bagian bawah pot atau polybag tersebut sudah berlubang sebagai jalan keluar air. Ada berbagai Cara menanam sirih merah, diantaranya yaitu dengan teknik stek, dengan teknik merunduk dan dengan teknik stek air.

Budidaya Sirih Merah

Berikut penjelasan mengenai ketiga teknik tersebut.

1. Cara Menanam Sirih Merah Menggunakan Teknik Stek

Budidaya sirih merah dengan menggunakan teknik stek merupakan cara termudah untuk menanam sirih merah. Sebelumnya pilih batang sirih merah yang cukup tua, kemudian potonglah sekitar dua ruas. Sebaiknya ruas tersebut memiliki dua atau tiga lembar daun. Kemudian rendamlah potongan batang tersebut dalam air. Sekitar 15 menit kemudian, angkatlah batang tersebut, dan tancapkan pada media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Letakkan pot atau polybag di tempat yang teduh. Jagalah agar kebutuhan airnya tercukupi, dengan menyiramnya secara rutin.

2. Cara Menanam Sirih Merah Menggunakan teknik Merunduk

Pada dasarnya, cara menanam sirih merah menggunakan teknik merunduk ini mirip dengan teknik stek, hanya saja pemotongan batangnya dilakukan setelah akar dari batang yang dirundukkan tumbuh. Caranya yaitu, pilih sulur yang panjang, kemudian atur agar sulur tersebut merunduk dan menempel pada media tanam. Setelah sulur yang menempel pada media tanam tumbuh akar, potonglah sulur tersebut. Setelah itu pindahkan pada pot atau polybag yang sudah terisi media tanam.

3. Cara Menanam Sirih Merah Menggunakan Stek Air

Cara Menanam ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memotong batang sirih merah yang tua dan sehat, kemudian merendamnya dalam air. Namun perlu diperhatikan, yang direndam cukup batangnya saja dan jangan sampai daunnya juga ikut terendam. Tunggu kira-kira 4-7 hari, dan akarnya akan terlihat. Setelah akarnya muncul, Anda bisa memindahkan pada media tanam yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Baca Juga : Budidaya Buah Melon dan Cara Menanam Rumput Jepang

Proses menanam sirih merah membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Karena Anda perlu menjaga tanaman sirih muda tersebut dari gangguan ulat, unggas dan hewan pengganggu lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kecukupan airnya. Pada proses awal ini, Anda perlu menyirami sirih merah Anda sehari dua kali. Namun setelah tanaman sirih sudah dewasa, Anda bisa menguranginya secara bertahap, mulai dari sehari sekali, kemudian dikurangi menjadi dua hari sekali. Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Sirih Merah secara mudah. Selamat mencoba.