Cara Menanam Singkong

adsense-fallback

Cara Menanam – Bercocok atau Budidaya tanaman singkong yang baik harus diperhatikan. Dengan langkah menanam yang benar maka hasil panen singkong akan lebih besar dan bobot yang juga lebih besar.

Singkong adalah sebuah tanaman yang khas di Indonesia. Singkong di Indonesia biasanya dijadikan bahan untuk berbagai makanan tradisional terutama oleh masyarakat jawa. Menanam singkong pada saat ini adalah salah satu yang menguntungkan. Terlebih pada saat ini semakin banyak perusahaan yang membuat makanan berbahan dasar singkong. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih melimpah Anda membutuhkan Cara menanam singkong yang khusus agar Anda bisa mendapatkan hasil panen singkong lebih banyak. Menanam singkong bukanlah hal yang rumit dan perawatan singkong juga cukup sederhana, bagaimanakah langkah menanam singkong dengan baik dan benar Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

adsense-fallback

1. Lahan

Agar hasil panen lebih maksimal Anda harus memiliki media tanam dengan tanam yang subur dan juga luas. Dengan demikian, akar pohon singkong memiliki ruang untuk tumbuh dengan baik. Cara menanam singkong dimulai dengan mencangkul lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Selain cangkul, Anda bisa juga menggunakan mesin seperti traktor. Singkong adalah tanaman yang akan tumbuh dengan tingkat keasaman 5-8 oleh sebab itu Anda harus menyesuaikan keasaman lahan yang akan digunakan. Sebelum digunakan untuk penanaman berikan lahan pupuk kandang terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang ada pada tanah semakin baik.

2. Pembibitan

Singkong adalah salah satu tanaman yang sangat mudah dalam pembibitannya. Dalam pembibitan singkong tidak membutuhkan media tambahan seperti polybag atau lainnya. Selain itu pembibitan juga tidak akan memakan waktu lama. Cara menanam singkong cukup dengan memotong pohon singkong pilihan dalam ukuran 20 cm saja. Nantinya batang pohon ini akan tumbuh menjadi pohon singkong yang besar. Jadi, batang pohon singkong yang sudah dipotong bisa langsung untuk ditanam.

3. penanaman

Dalam proses penanaman pohon singkong juga tidak terlalu sulit. Dalam penanaman pohon singkong Anda cukup menancapkan batang pohon atau bibit yang disiapkan pada lahan untuk pertanian singkong. Yang perlu ditekankan pada cara menanam Tanaman Pangan ini adalah jarak antar bibit. Berikan jarak antar bibit hingga 60 cm atau 80 cm agar akar pohon bisa berkembang dengan baik. Selain itu Anda harus mengetahui arah tunas pohon. Arah tunas ini bisa dilihat pada bakal tunas yang ada pada tonjolan bekas daun singkong jatuh. Pastikan tunas ini menghadap keatas karena jika tunas terbaik maka singkong juga akan tumbuh ke bawah dan tidak sempurna.

4. Perawatan

Sebenarnya cara budidaya singkong yang baik itu mudah, dimana singkong akan tumbuh dengan sendirinya dan bisa berbuah tanpa perawatan intensive. Namun agar hasil singkong lebih besar dan banyak maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan khusus. Untuk melakukan perawatan pada pohon singkong cukup dilakukan dengan pemupukan. Pemupukan ini dilakukan pada masa 4 minggu setelah proses penanaman. Tanda dari umur tanaman ini adalah tunas tanaman akan memiliki 5-7 helai daun. Berikanlah pupuk seperti urea, tsp dan kcl dengan takaran yang sesuai dengan peraturan yang tertera pada kemasan.

Baca Juga : Cara Menanam Sawi

Menanam singkong adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan. Selain Anda bisa menikmati singkong yang Anda tanam sendiri, Anda juga bisa menjualnya. Terlebih jika hasil panen yang dilakukan memiliki bobot yang spesial pasti akan semakin banyak orang yang menyukainya. Dengan cara menanam singkong maka tidak akan membuat Anda merasa kerepotan untuk merawat pohon ini. Anda bisa menikmati singkong milik Anda dalam berbagai olahan mulai dari singkong goreng, getuk, gaplek, tiwul dan masakan tradisional lainnya. Meski terbilang tradisional namun makanan dari singkong tetaplah enak.

adsense-fallback