Cara Menanam Sengon Agar Cepat Besar

adsense-fallback

Cara Menanam Sengon agar cepat besar yang baik dan benar dan kualitas bagus adalah jenis sengon laut dan sengon putih, bukan jenis sengon coklat. Pada tahap merepotkan di tahun awal 1 hingga 3 tahun.

Artikel Tata cara menanam pohon sengon wajib anda baca dalam halaman ini. Pohon sengon atau sering disebut sebagai pohon albasia merupakan jenis kayu yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Sengon mampu mencapai tinggi 30 hingga 45 meter dengan menggunakan diameter sekitar 70 hingga 80 cm. Selain itu, kayu sengon mempunyai manfaat di dalam kebutuhan sehari-hari antara lain digunakan untuk tiang bangunan, pagar, perabot rumah, kertas dan lainnya. Prospek bisnis kayu sengon ini cukup bagus karena kebutuhan pohon sengon sendiri di Indonesia hampir mencapai lebih dari 500.000 m3 dalam waktu setiap tahunnya. Selain itu, terdapat sejumlah jaminan promosi dan pemasaran yang membuat harga jual pohon sengon mahal di dalam negeri dan di luar negeri. Untuk itu, kami akan hadirkan Cara menanam sengon yang baik dan benar.

adsense-fallback

Jenis sengon yang memiliki kualitas bagus untuk digunakan sebagai Budidaya Pohon sengon. Cara menanam sengon yang berkualitas bagus adalah jenis sengon laut dan sengon putih, bukan jenis sengon cokelat. Untuk membedakan sengon laut, sengon laut dari sengon cokelat yakni pada sengon laut dan sengon putih tidak mempunyai cabang minimal 9 meter dan mempunyai warna kulit yang putih. Sedangkan sengon coklat mempunyai cabang yang tumbuh di hampir setiap pertumbuhannya sekitar 1 meter dan mempunyai warna batang yang cokelat. Dilihat dari segi ekonomisnya, lebih bagus sengon putih karena sengon cokelat yang bercabang tersebut menyebabkan kubikasi yang rendah sehingga jarang perusahaan kayu yang menerima kayu jenis ini.

Sebenarnya Cara Menanam Sengon Agar Cepat Besar sengon sangat sederhana dan tidak terlalu sudah. Pada tahap ini yang paling merepotkan hanya di tahun awal 1 hingga 3 tahun. Berikut ini cara menanam sengon versi blog Petani Indonesia, simak baik-baik.

1. Mempersiapkan bibit unggul

Anda bisa memilih pembibitan dengan cara membeli bibit tersebut, namun disarankan untuk membeli bibit yang siap tanam agar lebih mudah.

2. Persiapan lahan

Persiapan lahan ini dimulai dari pembukaan lahan, pembersihan lahan dengan membuat lubang-lubang untuk tanaman sengon.

3. Proses penanaman

Cara menanam sengon pada proses penanaman ini diperlukan penyangga agar pohon sengon tidak mudah roboh ketika tertiup angin.

4. Pemeliharaan

Di dalam pemeliharaan Pohon sengon, diperlukan beberapa hal seperti penggantian tanaman, penyiangan dan pemangkasan cabang pohon.

Apabila sengon Anda sudah tumbuh menjadi pohon yang besar dan kuat, maka Anda disarankan untuk memanennya. Anda bisa menjualnya di produksi kayu sengon yang tentunya mereka akan membelinya dengan harga yang tinggi. Apabila Anda tidak segera memanennya, yang dikhawatirkan adalah pohon tersebut roboh ketika musim hujan tiba dan nilai jualnya menjadi turun.

Cara menanam sengon yang sempurna yaitu apabila pohon sengon siap panen ketika sudah berusia 5 hingga 7 tahun. Pada usia tersebut, pohon sengon dapat digunakan untuk membantu aktivitas industri seperti pertukangan, kayu bakar dan pembuatan kertas. Sebaiknya sebelum memanen pohon sengon ini, diharapkan sebelumnya melakukan perencanaan seperti pembangunan jaringan angkutan, penetapan biaya keuangan, dan kebijakan keuangan. Penebangan pohon sengon dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu taktik balik, taktik arah rebah dan taktik rebah.

Karena pada penebangan pohon sengon ini dapat dilakukan dengan 3 cara, Anda harus memastikan bahwa arah rebah sudah diperhitungkan terlebih dahulu untuk menghindari kualitas pohon yang menurun. Setelah itu, melakukan pembersihan cabang, pembagian batang dan ranting dan dilanjutkan dengan proses penyadaran. Proses penyadaran ini biasanya dilakukan oleh buruh tani atau buruh yang melakukan penebangan pohon tersebut. Apabila pohon sudah rapi maksudnya sudah terbagi-bagi menjadi beberapa bagian maka kegiatan selanjutnya adalah pengangkutan dan pengelolaan menjadi barang jadi. Nah, menguntungkan buka menanam pohon sengon, untuk itu segera tanam pohon sengon Anda dengan mengikuti cara menanam sengon di atas.

Baca Juga : Cara Menanam Toge  dan Cara Menanam Seledri

Perlu Anda ketahui menanam pohon sengon adalah investasi yang menguntungkan untuk masa depan. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan pohon sengon untuk kepeluan sehari-hari yang bermanfaat. Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Sengon Agar Cepat Besar mudah dan sederhana, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

adsense-fallback