Cara Menanam Sawi Yang Baik

adsense-fallback

Cara Menanam – Cara Menanam Sawi Yang Baik sangatlah mudah untuk dilakukan. Meski demikian kita harus mengatur air yang ada pada media tanam agar tumbuhan bisa tumbuh subur dan baik.

Menanam sawi adalah salah satu hal menguntungkan, hal ini disebabkan oleh tanaman sawi yang merupakan jenis tanaman yang tidak manja. Tanaman sawi adalah sebuah tanaman yang mampu tumbuh dimana saja dan tahan akan cuaca selama pasokan air cukup. Oleh sebab itu, bertani sawi bisa menjadi salah satu hal yang sangat baik dan menguntungkan terlebih banyak orang yang suka untuk memakan sayuran hijau ini. Menanam sawi bisa menjadi salah satu yang menyenangkan terlebih Anda juga bisa menanam tanaman ini pada kebun rumah sendiri. Untuk Anda yang ingin mulai untuk mencoba menanam sawi Anda bisa menyibak ulasan Cara menanam sawi berikut ini.

adsense-fallback

1. Memilih media tanam

Sebelum media tanam digunakan untuk menanam sawi Anda harus terlebih dahulu mengolah lahannya. Tujuan pengolahan tanah ini adalah membuat tanah menjadi lebih subur dan gembur. Cara menanam sawi dimulai dengan mencangkul lahan yang akan digunakan untuk menanam. Dengan demikian sirkulasi udara, kegemburan tanah bisa terjaga. Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang pada dasar tanah yang dicangkul agar nutrisi yang ada pada tanah semakin baik. Langkah berikutnya adalah dengan membuat bedengan. Bedengan untuk menanam Sayur Sayuran ini bisa dibuat dengan ketinggian antara 20 hingga 40 cm. Jika kadar asam pada tanah kurang Anda bisa melakukan pengapuran atau menaburkan kapur dolomit dan kalsi pada tanah pada masa 4 minggu hingga 2 minggu sebelum masa tanam.

2. Pembibitan

Dalam melakukan pembibitan ada beberapa hal yang harus dilewati. Pertama adalah langkah persemaian. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rumah bibit dengan bambu yang diberi atap plastik polietilen. Cara menanam sawi berikutnya adalah melakukan penyemaian yaitu menaburkan pupuk kandang, urea dan tsp pada bedengan yang dibuat. Langkah ini harus dilakukan sebelum 2 minggu sebelum benih ditabur. Berikutnya adalah penaburan benih pada setiap lubang yang disiapkan. Biarkan bibit tumbuh hingga memiliki tiga daun dan berikutnya bibit dipindah pada panel semai. Dari pemindahan ini Anda harus menunggu kembali hingga 4 minggu sebelum tanaman siap tanam.

3. Penanaman

Sebelum Anda menanam bibit Sawi yang baik dan benar yang sudah Anda buat Anda masih harus memberikan pupuk pada media tanam terlebih dahulu. Lakukan pemupukan ini pada masa seminggu sebelum proses penanaman. Berikan pupuk kandang 10 ton untuk satu hektar lahan. Tambahkan kcl 75 kg, dan tsp 100 kg. Berikutnya Anda bisa membuat lubang pada bedengan untuk dijadikan media tanam pohon sawi. Sebelum ditanam Anda harus mengambil bibit terbaik dahulu. Baru cara menanam sawi selanjutnya adalah memulai penanaman. Masukkan bibit pada lubang yang sudah disiapkan dan tutup kembali lubang dengan tanah halus.

4. Perawatan

Langkah terakhir dalam cara menanam sawi adalah perawatan. Untuk merawat tanaman sawi dimulai dengan penyiraman. Dalam hal ini Anda harus bisa mengatur kadar air yang ada pada media tanam. Jika air berlebih maka Anda harus mengurangi dan jika lahan kekurangan air maka Anda harus menambah airnya. Jangan lupa untuk melakukan pengarangan yaitu memisahkan tumbuhan yang tumbuh terlalu dekat. Jika tanaman sawi ditanam saling berdekatan akan berakibat pada tumbuh sawi yang kurang maksimal. Jika Anda mendapati salah satu tanaman Anda mati Anda juga harus menggantinya dengan tanaman baru.

Baca Juga : Cara menanam durian

Menanam sawi adalah salah satu yang cukup menyenangkan. Dengan modal yang sebenarnya tidak terlalu banyak dan perawatan yang ringan tanaman ini sangat cocok untuk Anda kembangkan. Terlebih jika Anda bisa membuat perkebunan sawi yang dimiliki bisa menghasilkan sawi terbaik maka Anda akan semakin untung. Jadi mulailah cara menanam sawi yang mudah ini karena bisa membantu perekonomian Anda menjadi lebih baik.

adsense-fallback