Cara Menanam Rumput Jepang yang Baik dan Benar

adsense-fallback

CaraMenanam.Net – Cara Menanam Rumput Jepang yang Baik dan Benar sangatlah mudah. Pertama persiapkan lahan dengan mencangkuli tanah kemudian buat lubang dan masuki dengan rumput.

Sering melihat halaman-halaman rumah berwarna hijau, segar di pandang oleh mata dan nyaman untuk bermain atau hanya sekedar duduk? Hijau-hijau yang menutupi halaman rumah tersebut bukan karpet lho, masa iya karpet dipasang diluar rumah, kan repot membersihkannya. Sesuatu yang berwarna hijau lebat tersebut adalah rumput tapi bukan rumput liar yang digunakan. Rumput Jepanglah yang banyak digunakan untuk mempercantik halaman rumah disamping rumput gajah mini tentunya. Rumput Jepang merupakan tanaman hias yang banyak dibudidayakan dan digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Kamu juga ingin membudidayakannya, simak Cara menanam rumput Jepang berikut ini.

adsense-fallback

Rumput Jepang berbeda bentuk dengan rumput liar. Jika rumput liar panjang-panjang maka rumput Jepang cenderung pendek dan teksturnya kasar dibandingkan rumput liar. Selain itu, warna rumput Jepang jauh lebih pekat dan lebat. Mau kan punya halaman indah berlatar rumput Jepang? Bisa saja kamu menanamnya sendiri, tapi cara menanam rumput Jepang supaya tumbuh lebat dan tetap hijau tidak bisa sembarangan. Ada teknik dan kiat-kiat khusus supaya menghasilkan rumput segar nan cantik. Sebenarnya proses tanam rumput Jepang sangat mudah, apalagi bagi kamu yang suka berkebun. Pastilah menyenangkan menanam rumput Jepang di halaman rumah sendiri, menatanya sesuai selera sehingga enak dipandang mata.

Berikut ini serangkaian Cara Menanam Rumput Jepang yang Baik dan Benar bisa Anda terapkan agar mendapatkan hasil yang cukup bagus.

1. Persiapan lahan

Mempersiapkan lahan merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Tidak mungkin bisa menanam rumput tanpa adanya lahan. Lahan yang kamu persiapkan harus dibuat gembur agar mudah ditanami. Cangkul terlebih dahulu lahan dengan kedalaman secukupnya kemudian ratakan tanah. Jika tanah terlihat kering, siramlah terlebih dahulu supaya mudah dicangkul. Tanah yang kering akan membuat sulit karena tanah terasa keras pada saat dicangkul. Setelah tanah sudah dicangkuli, berilah pupuk kandang secara menyeluruh ke permukaan tanah. Komposisi pupuk yaitu 2,5 kg untuk setiap m2. Setelah itu, biarkan tanah selama 2 minggu untuk menghilangkan panas pupuk. Sembari menunggu, tetaplah sirami tanah secara rutin dengan air supaya pupuk merembes ke dalam.

2. Penanaman rumput

Cara menanam rumput Jepang selanjutnya adalah penanaman rumput Jepang dengan memperhatikan waktunya. Sore hari merupakan waktu terbaik untuk menanam rumput Jepang karena matahari sedang redup dan bisa dilanjutkan pada malam hari dengan udaranya yang dingin. Penanaman rumput pada sore dan malam hari juga berdasarkan pertimbangan supaya rumput memiliki waktu yang cukup panjang untuk beradaptasi dengan lingkungan. Lain halnya jika rumput ditanam pada pagi hari maka peralihan waktu pagi ke siang hari begitu singkat dan menyebabkan mereka mudah layu karena terbakar panasnya matahari pada siang hari. Sama halnya seperti penanaman Tanaman Hias rumput hijau lainnya, lubang dibuat zig zag dengan jarak 5 cm.

Biasanya jika kamu membeli rumput, yang dibeli adalah rumput bergelombang atau dalam bentuk bongkahan oleh karena itu kamu harus memisahkannya supaya bisa dipasang satu per satu. Namun dalam pemisahannya harus berhati-hati, pastikan setiap rumput yang terpisah memiliki akar. Sebelum ditanam ke dalam tanah, sirami terlebih dahulu rumput tersebut supaya bersih. Cara menanam rumput Jepang selanjutnya adalah dengan memasukan ke dalam tanah lalu tutup lubang dengan menyibakkan tanah sedikit. Ingat, jangan menekan tanah sebab dapat membuat akar patah dan rumput mati. Selain itu, tujuan tidak menekan tanah adalah untuk memberikan ruang bagi rumput untuk bernafas.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Lengkeng

Hal rutin yang harus kamu lakukan adalah menyiraminya setiap hari supaya tanah tetap gembur dan terjaga kelembabannya. Tapi air yang diberikan jangan terlalu banyak sebab bisa menyebabkan tanah tergenang dan rumput justru terlepas dari lubang. Demikian pembahasan mengenai Cara Menanam Rumput Jepang yang Baik dan Benar. Yuk mulai hias halaman rumahmu dengan rumput Jepang.

adsense-fallback