Cara Menanam Nanas Yang Bagus

Cara Menanam – Budidaya yang baik dan benar adalah nanas yang tepat menghasilkan buah berkualitas. Nanas adalah salah satu jenis buah yang biasa digunakan baik sebagai bahan rujakan atau pelengkap masakan.

Buah nanas atau Ananas comosus merupakan sejenis Buah Buahan tanaman semak. Buah nanas merupakan buah yang berasal di Brasilia lalu menebar hingga di daratan Amerika, lalu ke Malaysia dan Indonesia. Di negara kita sendiri awal mula buah nanas hanya berupa tanaman di pekarangan rumah ini. Dan masih belum banyak dibudidayakan seperti halnya saat ini. Sebenarnya cara budidaya nanas sendiri tergolong mudah. Buah nanas adalah sejenis buah tropis yang daging di dalam buahnya sendiri berwarna kuning. Buah nanas memiliki rasa manis sedikit keasaman.

Bentuk buah nanas tergolong sangat unik sebab daunnya runcing dan panjang. Buah nanas biasanya dikonsumsi sebagai bahan utama dalam rujak. Akan tetapi bisa ditambahkan pula sebagai pelengkap masakan yang membantu melunakkan tekstur daging serta memberikan rasa segar ke dalam masakan. Nanas memang tidak hanya memiliki rasa yang enak saja namun juga bisa memperindah pekarangan rumah bila ditanam di area pekarangan. Tanaman nanas sendiri dapat tumbuh di area dataran rendah hingga dataran tinggi. Buah nanas membutuhkan media tanah subur dan gembur seperti tanah lebu yang berpasir dan tanah vulkanik.

Selain itu kriteria tanah untuk media tumbuh buah nanas juga memiliki banyak kandungan unsur organik. Untuk tumbuh, buah nanas membutuhkan paparan sinar matahari cukup hingga 9 jam setiap harinya. Selain itu, nanas membutuhkan temperatur 23-32 derajat celcius dengan pH tanah sekitar 5,7-7, sistem drainase baik dan curah hujam cukup.

Cara Menanam Nanas

Adapun cara menanam nanas yang bagus dengan baik, diantaranya:

1. Tips Pemilihan Bibit

Biasanya bibit buah nanas sendiri didapatkan dari hasil anakan nanas, atau secara vegetatif maupun generatif berdasarkan biji nanas. Untuk cara vegetatif sendiri, bibit nanas diambil dari tunas buah, tunas batang, tunas akar, stek batang dan mahkota buah. Namun untuk tunas batang sendiri biasanya jarang dipakai sebab membutuhkan waktu lama. Agar memperoleh bibit berkualitas, Anda pun mesti memilih langsung dari induk tanaman yang sehat, tak cacat, memiliki daun tebal dan tak terserang penyakit.

2. Langkah Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam nanas yang bagus disiapkan adalah tegalan yang digemburkan atau kebun, lalu tebar bokashi atau pupuk kandang dalam dosis sekitar 10 ton/ha. Untuk bedengan buat lebar 80 hingga 110 cm, dengan jarak bedengan sekitar 100 cm dan tinggi 30 cm.

3. Cara Menanam Buah Nanas

Cara menanam nanas berikutnya adalah tahap penanaman nanas. Nanas biasanya ditanam di musim penghujan awal supaya pertumbuhannya seragam dan cepat. Langkah pertama adalah buat lubang dalam bedengan memakai gancu  atau cangkul pada ukuran sebesar 30 x 30 cm. Kemudian masukan benih nanas yang sudah diseleksi secara tepat yakni  biji benih tiap lubangnya. Lalu timbun memakai tanah kemudian injak supaya bibit tertancap baik serta tak mudah roboh. Selanjutnya siram sampai merata dan basah.

4. Langkah Perawatan Nanas

Untuk perawatan bibit nanas yang sudah ditanam sendiri, Anda bisa melakukan penyiangan serta pembersihan gulma paling tidak sekali 2 minggu dilakukan supaya pertumbuhan nanas tak terganggu diakibatkan rumput liar. Adapun pembubukan sendiri dilakukan dengan menimbun akar nanas sesudah longsor terkena saat pengairan atau oleh air hujan. Supaya pertumbuhan pada akar nanas tak terganggu. Pemupukan sendiri dilakukan sesudah tanaman berusia 2 bulan, serta pemupukan susulan dapat dilakukan sekali dalam 3-4 bulan sampai tanaman berbuah.

5. Penyakit dan Hama Tanaman Pada Nanas

Budidaya nanas Baik Hasilkan Buah Nanas Berkualitas berikutnya adalah untuk pemberantasan hama atau penyakit pada nanas. Biasanya hama pada tanaman nanas yang biasa menyerang adalah lalat buah, ulat buah, penggerek buah, hingga kumbang. Adapun cara menanggulanginya yaitu dengan penyemprotan memakai Micat, Buldog, Imidakloprit, spontan memakai dosis sesuai anjuran. Sementara untuk pengendalian penyakit bisa disemprot memakai fungisida seperti Mankozeb, Kasumin dan Benlet.

6. Masa Panen Buah Nanas

Masa panen dari buah nanas biasanya dilakukan ketika tanaman berusia 12 bulan. Sementara ciri-ciri nanas yang siap panen yaitu mata buah yang lebih mendatar, mahkota buah yang terbuka, berbentuk bulat dan tangkai buah yang mengecil. Cara panen nanas sendiri di pilih nanas masak dan harum, lalu potong bagian tangkai buah memakai pisau atau sabit.

Baca Juga : Cara Budidaya Tebu dan Cara Menanam Mangga Harum

Itu dia langkah-langkah Cara budidaya Tanaman nanas yang bagus dengan tepat menghasilkan buah nanas yang berkualitas!