Cara Menanam Mentimun Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Mentimun harus dilakukan dengan baik dan juga benar. Lakukan penanaman mentimun secara tepat mulai dari persiapan lahan hingga masa panen tiba.

Budidaya Tanaman mentimun pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Cara Menanam Semangka atau sayuran lainnya. Mentimun sendiri termasuk salah satu Sayur Sayuran yang cukup banyak diminati dan dicari. Mentimun menjadi salah satu jenis lalapan yang banyak disukai karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain dijadikan lalapan, mentimun juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan acar mentimun. Jika Anda termasuk orang yang menyukai Mentimun, Anda dapat mencoba menanam mentimun. Cobalah menanam mentimun yang baik di kebun milik Anda dan nikmati mentimun yang Anda tanam dengan tangan Anda sendiri.

Rasanya akan jauh lebih nikmat dan Anda juga dapat mentimun segar langsung dari pohon. Selain dikonsumsi, mentimun juga menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan. Baik untuk perawatan wajah ataupun perawatan kulit tubuh, mentimun memiliki manfaat yang cukup efektif bagi keduanya. Salah satu manfaat mentimun sendiri yaitu dapat membantu mencerahkan dan melembabkan kulit secara alami. Banyak orang yang ingin mengetahui cara menanam mentimun agar dapat menanam mentimun sendiri. Memiliki pohon mentimun di kebun sendiri memang cukup menguntungkan bagi para pencinta mentimun.

Sedangkan untuk kesehatan sendiri, mentimun juga memiliki manfaat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Beberapa orang yang menderita penyakit darah tinggi memutuskan untuk menanam mentimun sendiri. Dengan memiliki tanaman mentimun sendiri, kapan saja membutuhkan mentimun hanya tinggal memetiknya dari pohon. Bagi Anda yang juga berminat ingin menanam mentimun, simak cara menanam mentimun yang benar berikut ini. Seperti yang sudah disebutkan, menanam mentimun cukup mudah untuk dilakukan. Lakukan dengan benar sesuai dengan uraian berikut ini maka tanaman mentimun yang Anda tanam dapat tumbuh sehat dan subur.

Cara Menanam Mentimun dengan Tepat

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari mentimun, tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin menanam mentimun sendiri. Dibanding harus membelinya di pasar, menanamnya sendiri tentu jauh lebih efisien. Anda dapat memetik mentimun kapan saja, selain itu mentimun yang akan Anda konsumsi masih dalam kondisi yang segar. Langsung saja, berikut adalah cara menanam tanaman mentimun yang baik dan benar menurut blog Petani Indonesia:

1. Persiapan lahan

Gunakan lahan yang memiliki unsur hara yang masih baik, selain itu Anda juga harus melakukan penggemburan tanah. Anda dapat mencangkul ataupun membajak lahan tersebut untuk menggemburkannya. Setelah itu, buatlah bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi sekitar 25 cm. Untuk panjang, silakan sesuaikan dengan kondisi atau luas dari lahan tersebut. Buat jarak antar bedengan sekitar 20 cm, cara ini cukup efektif untuk mengatasi drainase. Cara menanam mentimun berikutnya yaitu tutupi bedengan menggunakan plastik mulsa.

Lanjutkan dengan melubangi permukaan plastik mulsa tersebut dengan diameter 10 cm. Buat jarak antar lubang sekitar 40 cm untuk setiap barisnya. Untuk jarak antar barisnya, buat agar jaraknya sekitar 50 cm per bedengan. Taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang di atas lubang-lubang tersebut secara merata.

2. Penanaman

Penanaman mentimun yang paling baik yaitu dilakukan di akhir musim penghujan. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah bibit yang unggul dan berkualitas. Penanaman bibit dilakukan dengan cara ditugal manual. Lubangi tanah sedalam 5 hingga 7 cm lalu isi lubang tersebut dengan 2 atau 3 bibit mentimun. Tutupi lubang tersebut dengan tanah dan juga pupuk kandang secara rapi, jangan terlalu padat. Cara menanam mentimun ini harus Anda lakukan dengan benar dan rapi untuk hasil maksimal.

3. Perawatan

Setelah penanaman, Anda harus melakukan perawatan untuk tanaman mentimun Anda. Lakukan pengairan setelah tanaman berkecambah yaitu pada umur 1 hingga 4 hari. Setelah itu, pada saat tanaman berumur 15 hingga 20 hari. Usahakan untuk menyiram tanah hanya sampai terlihat basah saja, jangan terlalu lembab. Selain melakukan pengairan, lakukan juga pemupukan dengan menggunakan pupuk organik.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menjaga tanaman agar tidak diserang hama. Setelah itu, Anda dapat menunggu masa panen yaitu ketika tanaman mentimun berumur 75 hari. Pada saat itu mentimun Anda sudah siap untuk dipanen, lakukan pemanenan sesuai keinginan Anda. Itulah yang dapat disampaikan mengenai informasi bagaimana Cara menanam mentimun yang baik dan benar.