Cara Menanam Melon Yang Baik

Cara Menanam – Cara Menanam Melon Yang Baik harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil panen berkualitas. Pilih bibit berkualitas lalu lakukan perawatan yang tepat pada tanaman melon.

Cara menanam melon berikut ini dapat Anda manfaatkan demi meningkatkan kualitas buah melon yang akan Anda panen kelak. Untuk menanam buah melon, caranya hampir sama dengan penanaman padi ataupun tanaman lainnya. Anda tidak boleh asal dalam melakukannya jika Anda mengharapkan hasil panen yang terbaik. Jumlah hasil panen banyak dan melon-melonnya berukuran besar merupakan dambaan para petani melon. Dengan hasil panen tersebut maka keuntungan yang diperoleh petani dapat maksimal. Seperti yang Anda ketahui, di Indonesia melon memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Jika Anda menanam melon secara asal, tidak menutup kemungkinan hasil panennya hanya sedikit dan buahnya hanya berukuran kecil-kecil saja. Untuk itu, lakukan cara menanam melon yang baik dan juga benar. Untuk panduan langkah-langkahnya, Anda dapat menyimaknya dalam uraian berikut ini. Berikut adalah Cara Menanam Melon Yang Baik dalam pot, ini dia langkah-langkahnya:

1. Siapkan bibit

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bibit tanaman melon. Siapkanlah bibit yang berkualitas, setelah itu rendam bibit tersebut di dalam air selama 12 jam. Campurkan fungisida pada air yang Anda gunakan untuk merendam bibit melon tersebut. Setelah direndam selama 12 jam, Anda dapat meniriskan terlebih dahulu bibit melon tersebut. Tiriskanlah di tempat atau ruangan yang gelap, jika sudah berkecambah maka bibit siap untuk ditanam.

2. Siapkan media tanam

Cara menanam Buah Buahan ini berikutnya yaitu siapkanlah media tanam yang bagus dan berkualitas. Gunakan tanah, sekam dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1:3:2. Masukkan campuran tanah tersebut ke dalam pot, tambahkan pupuk lainnya secukupnya saja. Aduk hingga tercampur merata, tujuannya agar tanaman melon Anda tidak mudah terserang penyakit.

3. Penanaman

Selanjutnya, tanamlah bibit melon pada media tanam yang sudah Anda siapkan. Setelah berumur 12 hingga 14 hari, lakukanlah penyemaian. Untuk penanamannya sendiri, lakukanlah di sore hari untuk meminimalkan risiko kematian akibat proses adaptasi. Sebelum ditanami bibi, siramlah media tanam menggunakan air secukupnya.

4. Pemasangan ajir

Ajir merupakan batangan bambu yang digunakan untuk menopang tanaman. Dalam menanam melon, Anda juga membutuhkan ajir bambu untuk menopang tanaman melon. Tujuannya agar tanaman melon dapat tumbuh tegak dan buahnya menjadi lebih subur. Anda dapat membuat ajir bambu ini dengan panjang sekitar 2 m, tancapkan di daerah sekitar tanaman melon.

5. Pemangkasan serta pemilihan buah

Cara menanam melon berikutnya yaitu dengan melakukan pemangkasan, tujuannya untuk mendapatkan hasil panen yang lebih bagus. Dengan melakukan pemangkasan, Anda dapat lebih fokus terhadap buah melon tertentu. Pilih salah satu calon buah yang ada pada cabang 7 hingga 12 untuk dibesarkan, yang lain dapat Anda pangkas.

Tanaman Melon

6. Pemupukan

Pemupukan merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan dalam penanaman melon. Berikanlah pupuk yang sesuai dengan umur tanaman melon itu sendiri. Anda dapat menggunakan pupuk urea, pupuk ZA + NPK dan juga pupuk daun.

7. Perawatan tanaman melon

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan pada tanaman melon. Perawatan ini perlu dilakukan untuk melindungi tanaman melon dari serangan hama dan juga penyakit. Anda dapat memberikan insektisida pada tanaman melon Anda untuk mengendalikan beberapa hama.

8. Panen

Sampai di sini, cara menanam melon telah selesai untuk Anda lakukan. Yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah menunggu masa panen. Melon yang sudah berumur lebih dari 65 Hsb dapat dipanen atau dipetik. Untuk memanennya, Anda dapat memetik tangkai buah menggunakan gunting. Potong tangkai buah melon tersebut dengan panjang sekitar 3 cm dari pangkalnya.

Baca Juga : Cara menanam timun

Itulah langkah-langkah yang harus Anda lakukan demi mendapatkan hasil panen yang baik pada tanaman melon. Jika Anda ingin memanen melon berkualitas tinggi, bagus dan berukuran besar maka lakukan cara-cara tersebut dengan benar. Jika Anda mengikuti setiap langkah tersebut dengan benar maka kemungkinan sangat kecil Anda memanen buah melon yang tidak berkualitas. Sekian mengenai Cara Menanam Melon Yang Baik dalam pot, semoga dapat membantu Anda dalam menanam melon.