Cara Menanam Lombok

Cara Menanam – Bercocok tanam Lombok bisa Anda lakukan sendiri di rumah bahkan dengan menggunakan cabe yang telah membusuk asalkan dengan cara yang benar dan rajin dalam merawat.

Cara menanam lombok atau cabe bisa dilakukan di mana saja termasuk di pekarangan Anda yang sempit. Untuk menanam cabe pada lahan yang luas, maka sangat memerlukan perhatian yang ekstra, demikian juga dengan tenaga yang harus Anda keluarkan. Lombok untuk di konsumsi sendiri, bisa ditanam di pekarangan, bahkan jika Anda tidak memiliki polybag. Cabe masih bisa menjadi bumbu masak yang bisa Anda petik setiap saat. Harga cabe yang naik dan turun tidak menentu ini bisa kita siasati dengan menanamnya sendiri, sehingga kita tidak tergantung dengan penjual di pasar untuk mengkonsumsinya.

Anda bisa menanam cabe keriting atau cabe rawit di pekarangan atau bisa juga keduanya. Untuk konsumsi sendiri Anda bisa menggunakan benih cabe yang bisa Anda buat, sehingga cara menanam lombok bisa dilakukan dengan mudah. Namun demikian, Anda harus tahu dengan pasti bagaimana Anda harus memperlakukannya. Karena ketidaktahuan cara tanam Sayur Sayuran ini justru akan mengundang kematian bagi tanaman Anda. Ada tahap-tahap yang harus Anda lakukan agar proses penanaman hingga proses panen bisa berjalan dengan lancar. Terlepas dari ilmu pertanian yang terstruktur, Anda bisa melakukannya sendiri.

Jika Anda memiliki Cabe di rak bumbu dapur Anda yang sudah mulai membusuk, jangan tergesa-gesa untuk membuangnya di tempat sampah. Karena Anda bisa menjadikannya tanaman yang akan menggantikan lombok busuk Anda. Cara menanam lombok untuk konsumsi sendiri dengan memanfaatkan cabe busuk yang pertama yaitu siapkan kotak bisa dari besek atau dari polybag dan isi dengan menggunakan tanah yang subur. Kemudian tebarkan lombok busuk yang membuat tempat bumbu Anda kotor ini pada polybag atau besek yang telah Anda persiapkan. Pastikan Anda menyuplai air dengan baik sehingga benih akan tumbuh dalam beberapa hari.

Cara Menanam Lombok

Setelah benih tumbuh, maka Anda bisa memindahkannya pada media lain, boleh menggunakan polybag, pot, atau pada tanah di pekarangan Anda. Kemudian pastikan Anda menyiramnya secara teratur, akan lebih baik jika Anda siram dengan menggunakan air yang tercurah seperti hujan. Karena dengan demikian tanaman lombok Anda akan tumbuh dengan baik. Cara menanam lombok selanjutnya adalah dengan memberinya pupuk, akan lebih baik jika Anda menggunakan pupuk kompos. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting adalah cukup karena jika Anda terlalu banyak memberinya pupuk maka akan membuat tanaman tidak bisa tumbuh subur.

Langkah selanjutnya, bersihkan tanaman lain yang juga tumbuh di sekitar polybag atau media tanam Anda. Sehingga tanaman lombok Anda akan tumbuh subur dengan baik, dan perlahan tanaman Anda akan tumbuh besar. Ketika tanaman lombok telah tumbuh setinggi 20 cm, maka Anda harus memberinya tiang penyangga. Dalam pertanian, tiang ini disebut sebagai ajir yang dibuat dari bambu dan berfungsi sebagai penopang saat tanaman tumbuh besar nantinya. Ini merupakan salah satu cara menanam lombok yang harus Anda lakukan, karena lombok yang telah tinggi bisa tumbang tanpa penyangga ini.

Tanaman Lainnya : Cara Menanam Anggur

Untuk memanen buah cabe, sebaiknya dilakukan ketika cabe belum benar-benar berwarna merah. Buah yang masih sedikit bergaris hijau adalah buah yang bagus dan akan tetap segar untuk beberapa hari ke depan tanpa harus menyimpannya di kulkas. Nah, dengan demikian Anda tidak harus belanja cabe lagi jika hanya sekedar untuk membuat sambal. Anda juga tidak perlu menambah anggaran untuk membeli cabe yang semakin mahal, karena cara menanam lombok kini telah Anda kuasai.