Cara Menanam Lada

CaraMenanam.Net – Cara Menanam Lada atau merica dan merawat tanaman mudah sekali untuk bisa menghasilkan panen yang maksimal. Anda bisa belajar bercocok tanam lada karena memiliki potensi yang tinggi.

Banyak yang mengira Cara menanam lada itu sulit, sehingga tidak semua petani mau bercocok tanam lada. Padahal, lada termasuk dalam jenis rempah-rempah biji yang sering dijadikan bumbu untuk masakan. Nilai jual lada juga cukup tinggi dipasaran. Tanaman lada merupakan salah satu jenis Tanaman Rempah Rempah yang dibawa oleh Belanda pada saat penjajahan. Karena struktur geografis yang cocok untuk ditanami lada, maka Belanda membawa bibit lada yang panennya akan dikirim kembali ke Belanda maupun Eropa. Sekarang Indonesia sudah 70 tahun merdeka dan lada kini menjadi salah satu hasil kebun yang masih ditanam oleh sebagian Petani Indonesia.

Suburnya tanah di Indonesia membuat Tanaman lada mudah sekali tumbuh di tanah kita. Bahkan hampir di semua daerah di Indonesia memiliki potensi tinggi penghasil lada. Cara menanam lada yang baik dan benar juga tidak sesulit yang dibayangkan, potensi ekspor merica atau lada juga masih terbuka luas karena permintaan lada di dunia cukup tinggi. Maka kita harus pintar menangkap peluang untuk mendapat keuntungan dari bertani lada. Bagi Anda yang masih awam dengan pertanian lada, Anda bisa belajar bagaimana cara yang benar untuk menanam lada sehingga bisa menghasilkan lada yang baik dan memiliki nilai jual tinggi. Cara bercocok tanam lada bisa Anda lihat dalam uraian di bawah ini:

Syarat Bercocok Tanam Lada Atau Merica

Jika Anda akan bertani merica atau lada, maka Anda harus mengetahui karakteristik jenis tanaman tersebut, seperti pada penjelasan di bawah ini:

  1. Lada bisa tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki kelembaban dan curah hujan 2500-3000 mm setiap tahunnya.
  2. Suhu udara yang cocok untuk bercocok tanaman lada adalah yang memiliki suhu sekitar 20-32 derajat celcius.
  3. Cocok untuk jenis tanah dengan ketinggian 330- 1700 mdpl dengan kadar ph 5-7.
  4. Cara menanam lada yang tepat adalah di tanah yang terdapat kandungan utisol, lateritic dan latosol.

Cara Memilih Bibit Lada

Saat akan bercocok tanam lada maka kita harus pintar memilih jenis bibit lada yang berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan cara menanam lada pada saat memilih bibit yang baik yaitu:

  1. Pilih bibit lada yang baik seperti bebas dari penyakit dan hama, sebab ada jenis lada yang terkena penyakit sehingga mempengaruhi kualitas lada.
  2. Pilih dari jenis indukan lada yang berkualitas.
  3. Pilih jenis lada yang berisi padat dan ukurannya cukup besar, sehingga baik kualitasnya untuk dijadikan bibit.
  4. Sesuaikan ukuran lahan kebun lada, untuk setengah hektar ladang bisa ditanami kurang lebih 1000 tanaman lada.

Menanam Dan Memelihara Tanaman Lada

Cara menanam lada yang baik bisa dengan menerapkan cara dibawah ini:

  1. Atur jarak antar tanaman lada sekitar 2×2 meter
  2. Buatlah lubang media tanaman berbentuk limas dengan kedalaman sekitar 50 cm. Diamkan lubang kurang lebih 2 minggu sebelum ditanami.
  3. Waktu menanam merica yang tepat ketika memasuki musim penghujan.
  4. Anda juga harus merawat tanaman mulai dari membuat sulur, menyiangi tanah dari rumput, menyiram tanah dan memberi pupuk.

Panduan menanam diatas merupakan gambaran yang tepat dan bisa menjadi bahan acuan Anda yang ingin bercocok tanam merica atau lada. Apabila Anda menerapkan cara tersebut dengan baik dan benar, Anda sudah bisa menikmati panen lada di tahun ketiga. Ciri lada yang sudah siap panen adalah yang tangkainya mulai cokelat dan biji lada mulai menguning. Kemudian bisa memanen dengan memetik tangkai lada.

Simak yang ini : Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag

Semoga Anda berhasil menanam lada dan menjadi petani sukses dengan menerapkanĀ Cara Menanam Lada atau Budidaya Merica yang baik dan merawat tanaman dengan baik.