Cara Menanam Kunyit Mudah Dalam Pot

adsense-fallback

Cara Menanam Kunyit dapat dilakukan secara mudah di dalam pot. Penanaman tanaman herbal ini tidak harus dilakukan di pekarangan yang luas, Anda dapat menggunakan pot.

Artikel Cara menanam kunyit cukup banyak diminati oleh Petani Indonesia, banyak orang yang tertarik ingin menanam kunyit. Kunyit adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk membuat obat. Selain itu, kunyit juga banyak dijadikan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan. Baik untuk bumbu dapur ataupun sebagai bahan herbal, kunyit memang memiliki banyak manfaat. Kandungan yang ada di dalam kunyit ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan. Tidak heran jika banyak orang ingin menanam tanaman yang satu ini.

adsense-fallback

Pengolahan kunyit menjadi obat herbal sendiri cukup sederhana, Anda dapat memarutnya lalu mengambil airnya saja. Berkat kandungan yang dimiliki, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang paling banyak digunakan untuk dijadikan obat herbal. Tentunya Anda juga tidak asing lagi dengan kunyit asam, salah satu obat herbal yang banyak dikonsumsi. Jika Anda termasuk salah satu orang yang rutin mengonsumsi kunyit asam, cobalah untuk membuatnya sendiri. Anda dapat menanam tanaman kunyit sendiri di rumah lalu memanennya kapan saja Anda membutuhkannya. Cara menanam kunyit sendiri tidaklah sulit untuk Anda lakukan.

Cara Menanam Kunyit di Dalam Pot

Menanam kunyit tidak harus di kebun atau di halaman yang ukurannya luas. Jika Anda tidak memiliki kebun atau pekarangan rumah yang cukup luas, Anda dapat menanam kunyit di dalam pot. Anda tidak perlu bingung mencari lahan luas untuk penanaman kunyit, gunakan saja pot. Anda dapat menyiapkan beberapa pot, tanah yang gembur, pupuk dan kebutuhan lainnya. Setelah menyiapkan alat dan bahan, jangan lupa untuk menyiapkan rimpang kunyit. Bibit kunyit yang baik memang sebaiknya adalah pemecahan rimpang. Untuk penanaman kunyit di dalam pot, simak tips cara menanam kunyit berikut.

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk penanaman kunyit di dalam pot:

1. Siapkan rimpang kunyit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, siapkan rimpang kunyit yang akan digunakan sebagai bibit. Gunakan rimpang yang berumur 7 hingga 12 bulan, pecah rimpang tersebut dengan menyisakan 1 hingga 3 mata tunas. Setiap pecahan rimpang tersebut akan dijadikan sebagai bibit, letakkan pecahan rimpang tersebut di atas tampah. Diamkan bibit tersebut sampai tunasnya tumbuh, simpan di dalam ruangan yang lembab. Jangan lupa untuk menyiram pecahan rimpang tersebut 2 kali sehari.

2. Siapkan media tanam

Cara menanam kunyit di pot berikutnya yaitu siapkan media tanam yaitu pot yang berisi tanah dan pupuk. Gunakan pupuk kompos dan tanah yang gembur, perbandingan tanah dan pupuk sekitar 3:1. Isi setiap pot dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos sampai penuh.

3. Semai bibit kunyit

Jika pecahan rimpang kunyit sudah mulai tumbuh dan muncul tunas kira-kira 3 cm, Anda dapat melakukan penyemaian. Potonglah rimpang kunyit tersebut lalu tanam di dalam pot yang sudah Anda persiapkan. Tanam dengan kedalaman sekitar 5 sampai 8 cm lalu tutup dengan tanah, siram dengan air secukupnya.

4. Rawat tanaman

Jika sudah melakukan penyemaian, cara menanam kunyit berikutnya yaitu lakukan perawatan tanaman dengan baik. Siramlah tanaman tersebut 2 kali sehari, pagi dan juga sore hari. Selain itu, periksa juga tanaman Anda dari serangan ulat yang banyak menyerang tanaman kunyit. Jangan sampai ulat-ulat tersebut membuat tanaman kunyit Anda busuk dan mati. Anda dapat memanfaatkan pestisida untuk menghilangkan ulat-ulat tersebut.

Baca Juga : Cara Menanam Anggrek

Bagaimana? Tidak sulit bukan menanam kunyit di dalam pot? Anda dapat melakukan penanaman kunyit di dalam pot secara mudah sekarang juga. Dengan menanam sendiri, Anda tidak perlu membeli kunyit saat Anda membutuhkannya. Baik untuk keperluan memasak sehari-hari ataupun untuk membuat obat herbal, menanam sendiri tentu jauh lebih baik. Demikian yang dapat disampaikan mengenai tips Cara Menanam Kunyit yang Mudah Dalam Pot.

adsense-fallback