Cara Menanam Kol Yang Baik dan Benar

adsense-fallback

Cara Menanam Kol yang baik dan benar akan membantu Anda dalam menghasilkan panen yang memuaskan dengan hasil tanaman yang melimpah dan juga kualitas kol yang terbaik.

Kol adalah salah satu jenis Sayur Sayuran sehat yang memiliki harga ekonomis yang cukup baik dibandingkan dengan Lombok. Kol ini sendiri adalah sayuran yang tumbuh langsung tanpa batang tanaman dari tanah yang hampir menyerupai Brokoli. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan perawatan khusus untuk penanaman sayuran yang satu ini. Menanam kol untuk mendapatkan panen yang baik tidak mudah. Anda harus telaten dan selalu merawat tanaman Anda dengan baik. Kol bisa menjadi salah satu bisnis menjanjikan jika Anda bisa menanamnya dengan baik sebagai budidaya. Jadi, Anda akan mengahasilkan keuntungan besar dengan proses pembudidayaan yang benar. Lalu, bagaimana cara menanam kol sebagai budidaya ini berikut adalah website CaraMenanam.Net menjelaskan ulasannya.

adsense-fallback

1. Pilih media tanam yang baik

Lokasi dan lahan untuk menanam sayur kol adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Dengan menggunakan tanah yang tepat untuk dijadikan media tanam akan membantu Anda dalam menghasilkan panen kol yang maksimal. Menanam kol yang paling tepat adalah ditanam pada lahan yang memiliki ketinggian lebih dari 800 Mdpl. Selain itu, curah hujan harus cukup dan memilki suhu udara antara 15 hingga 20 derajat celcius. Untuk hasil maksimal, Anda juga harus memastikan jika PH tanah yang digunakan adalah tanah dengan ph 6 hingga 6,5. Menanam tanaman ini tidak mengenal musim dan cuaca jadi Anda bisa menanam tanaman ini sepanjang tahun.

2. Pembibitan dan pengolahan tanah

Dalam cara menanam kol yang baik dan benar metode pembibitan juga harus diperhatikan. Sebelumnya bibit direndam terlebih dahulu didalam air hangat selama setengah jam berikutnya benih diangin-anginkan. Berikutnya benih ditebar dalam lahan persemaian yang terdiri atas tanah yang dicampur dengan pupuk kompos dengan jumlah perbandingan satu banding satu. Berikutnya adalah mempersiapkan lahan untuk penanaman kol. Pertama, lahan sebelumnya dibajak terlebih dahulu dengan kedalaman 30 cm. Sebelum di digunakan untuk pembibitan tanah juga harus captan dengan ukuran 2 ton dalam setiap hektarnya.

3. Proses penanaman

Untuk penanaman yang harus dilakukan adalah membuat lubang untuk memasukkan bibit tanaman dengan jarak antar lubang adalah 60×50 atau juga bisa dengan jarak 70×60. Berikutnya adalah pemilihan bibit untuk ditanam pilih bibit yang masih fresh. Jika bibit yang Anda gunakan disemai pada bubung yang berasal dari daun pisang Anda bisa menanam beserta bumbungnya. Namun jika Anda menggunakan media semai polyback, Anda harus mengeluarkan bibit beserta tanahnya dari polyback tersebut. Jika Anda menanam dengan media bedengan Anda ambil bibit beserta tanahnya. Pilih bibi dengan usia 3 mingguan atau sudah memiliki 4 buah daun. Cara menanam kol yang benar berikutnya adalah pemupukan dan penyiraman.

4. Perawatan

Pada masa awal penanaman yakni tumbuhan berusia o hingga 49 hari yang harus dilakukan adalah melakukan penyiraman yang dilakukan setiap hari. Lakukan pemupukan susulan pada tanaman yang sudah berusia 4 minggu. Pupuk yang digunakan adalah urea dan juga kcl. Berikutnya pada usia 2 sampai 4 minggu tanaman harus disiangi. Berikutnya cara menanam kol pada tanaman yang sudah berusia 50 hari hingga masa panen adalah penyiangan dengan tangan yang dilakukan pada masa seminggu sebelum masa panen. Berikutnya Anda harus melakukan pemeriksaan lebih ketat untuk hama yang mengganggu dan bisa membuat panen kurang memuaskan. Jangan menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan hama pada masa hampir panen karena akan mengurangi kualitas tanaman.

Baca Juga : Cara Menanam Kentang di Polybag

Itulah sedikit mengenai Cara Menanam Kol Yang Baik dan Benar yang bisa Anda lakukan sendiri pada lahan Anda. Penanaman kubis atau kol adalah salah satu budidaya tanaman yang baik. Anda bisa menghasilkan keuntungan yang baik dengan perawatan tanaman yang tidak terlalu sulit. Hanya saja memang Anda harus telaten dan teliti untuk menghasilkan hasil panen yang memuaskan.

adsense-fallback