Cara Menanam Kentang di Polybag Yang Baik

adsense-fallback

Petani Indonesia – Cara menanam kentang di polybag yang baik dan benar. Kentang adalah salah satu komoditi yang menguntungkan, tak heran jika banyak petani yang membudidayakan kentang.

Kentang adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang bisa diolah sebagai panganan yang beraneka macam, mulai dari gorengan, donat, hingga kerupuk kentang. Sebenarnya proses penanaman kentang bisa dibilang cukup mudah, terutama bila diletakkan di area yang mendukung pertumbuhan kentang ini. Jika Anda mempunyai pot berukuran besar sebagai media tanam Sayuran, Anda bisa menjadikan wadah tersebut juga sebagai media tanam pada kentang.

adsense-fallback

Metode Cara Menanam Kentang di Polybag

Menanam kentang bisa ditanam di media apapun, salah satunya adalah polybag. Cara menanam kentang menggunakan polybag ini pun tidaklah sulit. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi Anda yang memiliki lahan sempit untuk menanam kentang. Bagi Anda yang berencana untuk menanam kentang pada polybag, berikut ini tahapan-tahapan yang wajib Anda perhatikan:

1. Teknik Pembibitan dan Persemaian

Proses pembibitan pada kentang bisa dilakukan dengan segera sesudah Anda memilih kentang untuk disiapkan pada proses pembibitan ini. Jika Anda sudah memilih beberapa kentang untuk pembibitan, Cara menanam kentang di polybag berikutnya adalah letakkan bibit tersebut di area yang sejuk dan memiliki pencahayaan cukup, terbebas dari embun ataupun air. Adapun contoh wadah atau tempat yang baik untuk Anda gunakan adalah wadah bening atau rak telur.

Saat sudah tumbuh tunas di salah satu permukaan kentang, Anda bisa memposisikan tanaman ini dengan meletakkan permukaan kentang yang sudah ditumbuhi tunas tadi di bagian atasnya lalu biarkan sampai tunas tadi benar-benar sudah muncul, kira-kira sekitar 25 mm. Anda pun harus memastikan bahwa bagian tunas tadi yang sudah muncul pada tanaman ini sudah mendapatkan pencahayaan cukup.

Ukuran normalnya, biasanya bibit kentang normal memiliki ukuran seperti ukuran telur ayam, akan tetapi seringkali mempunyai ukuran bervariasi. Anda tak perlu khawatir, jika mendapatkan bibit yang ukurannya berbeda-beda. Sebab bibit tersebut tetap bisa memproduksi kentang yang sama.

2. Teknik Penanaman Kentang Pada Polybag

Pada umumnya, setiap orang yang menanam kentang membutuhkan area yang begitu luas layaknya perkebunan yang memiliki ukuran yang cukup. Akan tetapi, Anda ternyata bisa memanfaatkan tempat tertentu lainnya untuk menanam kentang dengan ukuran yang sempit, salah satunya memakai polybag. Adapun tahapan-tahapan cara menanam kentang melalui polybag yang benar bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Langkah pertama masukkan kompos berkualitas baik pada polybag terlebih dahulu degan ukuran 2,3 cm.
  • Setelah itu, masukkan bibit yang sudah ditumbuhi oleh tunas pada wadah polybag dengan posisi bagian tunas yang mengarah ke bagian atas, lalu masukkan sampai kedalaman 12 cm pada pupuk tadi kemudian tutup secara merata sampai muncul bagian tunasnya saja.
  • Cara menanam kentang berikutnya adalah sirami bibit tadi pada polybag menggunakan air secukupnya lalu letakkan di area yang memiliki pencahayaan yang cukup supaya bibit kentang bisa tumbuh sempurna.
  • Tambahkan pupuk kentang setiap minggunya, lalu beri air yang cukup saat kompos dalam polybag mengering.

3. Pemanenan Kentang

Masa panen dari tanaman kentang ini begitu bervariatif tergantung pada ukuran dan musim tanam. Biasanya rata-rata dari masa panen kentang sendiri yaitu 10 minggu sejak masa tanam yang pertama. Anda bisa mengecek ukuran kentang terlebih dahulu yang akan dipanen dengan cara menggali hingga ke bawah supaya nampak ukuran tanaman yang akan dipanen ini.

Baca Juga : Cara Menanam Melon Yang Baik

Nah, itulah tahapan-tahapan penting dalam Cara menanam kentang di polybag yang baik dan benar!

adsense-fallback