Cara Menanam Kacang Panjang Hasil Maksimal

Cara Menanam Kacang Panjang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal atau Maksimal, Anda dapat melakukannya. Kacang panjang dapat tumbuh subur di tanah lempung berpasir yang gembur.

Bercocok tanam kacang panjang sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki pengalaman dalam menanam Sayuran. Sama halnya dengan Menanam Buncis, penanaman kacang panjang dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang cukup banyak dicari di pasaran. Tanaman Sayur Sayuran yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan lezat. Jika Anda termasuk sebagai salah satu penggemar kacang panjang, ada baiknya jika Anda menanam kacang panjang sendiri. Dengan begitu Anda dapat mengolah kacang panjang kapan saja sesuai keinginan Anda.

Tips Cara Menanam Kacang Panjang Secara Mudah

Bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman dalam menanam sayuran, Anda tidak perlu bingung. Berikut ini akan dibagikan tips cara menanam kacang panjang yang cukup mudah untuk dilakukan. Jika Anda memiliki niat ingin menanam kacang panjang, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini. Manfaatkan ulasan berikut ini untuk menanam kacang panjang agar dapat tumbuh subur dan menghasilkan kacang panjang yang berkualitas. Tentunya Anda tidak ingin penanaman Kacang Panjang yang Anda lakukan gagal karena beberapa kesalahan. Oleh karena itu simak ulasan berikut ini dengan baik lalu lakukan setiap langkah-langkahnya dengan benar.

Untuk menanam kacang panjang, Anda membutuhkan tanah lempung berpasir agar dapat tumbuh subur. Pastikan memilih media tanam yang tepat agar kacang panjang yang Anda tanam dapat tumbuh subur dengan hasil memuaskan. Langsung saja, berikut ini merupakan cara menanam kacang panjang yang mudah untuk dilakukan. Langkah-langkahnya antara lain Blog Petani Indonesia Menjelaskannya, yaitu:

1. Pemilihan bibit

Bibit sangat berpengaruh pada kesuksesan penanaman kacang panjang yang Anda lakukan. Jika Anda tidak memilih bibit kacang panjang dengan benar maka hasil panen juga akan kurang maksimal. Oleh karena itu pilih bibit kacang panjang yang berkualitas secara benar. Pilihlah bibit yang tampak kusam, tidak rusak atau cacat dan tidak memiliki hama tanaman.

2. Persiapan lahan

Setelah menyiapkan bibit kacang panjang, hal yang harus Anda persiapkan berikutnya yaitu lahan atau media tanam. Jika Anda menggunakan lahan yang cukup luas seperti kebun atau pekarangan rumah, lakukanlah pembajakan. Cara menanam kacang panjang untuk hasil yang optimal yang satu ini penting untuk Anda lakukan agar tanahnya menjadi gembur. Kacang panjang dapat tumbuh secara baik pada tanah yang gembur. Setelah melakukan pembajakan, taburi lahan menggunakan pupuk kandang lalu diamkan selama 7 hari. Jika Anda ingin hasil maksimal, Anda dapat membuat bedeng untuk penanaman kacang panjang tersebut.

Bedeng yang Anda buat sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lahan yang Anda gunakan. Buatlah bedeng dengan lebar 80 cm dengan tinggi sekitar 30 cm. Selain itu, buat jarak antar bedeng dengan ukuran sekitar 50 cm. Lanjutkan dengan membuat lubang untuk penanaman kacang panjang dengan jarak antar lubang 30×40 cm (bentuk zig-zag).

3. Penanaman kacang panjang

Cara menanam kacang panjang berikutnya yaitu masukkan bibit kacang panjang ke dalam lubang pada bedeng. Masukkan sebanyak 2 biji kacang panjang lalu tutup dengan tanah, cukup gunakan tanah yang tipis saja untuk menutupinya. Penanaman kacang panjang ini sangat baik dilakukan di musim penghujan untuk hasil memuaskan.

4. Penyulaman tanaman

Penyulaman cukup penting untuk Anda lakukan, tujuannya agar hasil tanaman dapat dipanen secara serentak. Gantilah bibit yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit yang mampu tumbuh secara sempurna. Penyulaman ini dapat dilakukan ketika tanaman sudah berusia 5 hingga 7 hari setelah ditanam.

Baca Juga : Cara Menanam Sawi

Jika tanaman sudah tumbuh serentak, Anda dapat melakukan penyiangan untuk membersihkan tanaman dari hama pengganggu dan rumput liar. Selain itu, lakukan penyiraman dan pengairan secara rutin, yaitu di pagi dan sore hari. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menyediakan pupuk tambahan lalu menaburkannya di sekitar tanaman kacang panjang. Jika tanaman kacang panjang Anda sudah tumbuh subur, Anda hanya perlu menunggu masa panen. Ciri kacang panjang yang siap dipanen dapat dilihat dari ukuran polong yang tampak maksimal. Itulah Cara menanam kacang panjang, praktekkan cara tersebut dan buktikan hasilnya.