Cara Menanam Jamur Merang Media Kardus

Cara Menanam – Budidaya jamur merang dengan baik dan tepat. Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dibudidayakan sebab menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Jamur merang merupakan sejenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur merang memiliki banyak peminat, sebab jamur ini memang sangat lezat dijadikan sebagai bahan masakan. Jamur yang satu ini dapat dimasak dicampur dengan mie serta bisa juga dijadikan sebagai sayur. Seiring dengan banyaknya peminat jamur merang, tak heran jika banyak orang yang mulai membudidayakan jamur merang sebagai salah satu peluang usaha menarik. Jamur merang sendiri umumnya dibudidayakan di dalam jerami Padi atau merang yang sudah dijadikan sebagai kompos.

Sebenarnya Cara menanam jamur merang tidaklah sulit, selain itu panennya pun dapat dilakukan pada tubuh buah jamur merang yang sepenuhnya belum berkembang. Walaupun begitu, tubuh jamur yang sudah membuka bagian payungnya pun masih dapat dikonsumsi walaupun harganya jauh lebih murah. Untuk kali ini, kami akan membagikan bagaimana cara budidaya jamur merang melalui kardus. Adapun keunggulan menggunakan media kardus sebagai tempat untuk budidaya dari jamur merang sendiri di antaranya lebih mudah menyobek bagian pada kardus, lalu Anda rendam memakai air kapur hingga 5 hari. Dengan begitu, kardus pun siap dijadikan sebagai media tanam untuk dimasukkan pada rak atau lumbung.

Untuk Anda yang penasaran menanam jamur merang memakai kardus, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Menanam Jamur Merang

1. Persiapan Lahan Jamur Merang

Hal pertama adalah dengan pembuatan kumbung biasanya dibuat dalam rangka bambu. Adapun dinding pun dapat dibuat berbahan dasar bambu, bisa pula menggunakan plastik yang biasanya lebih murah. Sedangkan pada bagian atap dapat dibuat memakai rumbia. Adapun ukuran kumbung paling ideal yaitu sekitar 4 meter, dengan tinggi 3,5 meter dan panjang sekitar 6 meter. Selain di di bagian dalam lumbung sendiri ada rak berisi 2 baris penanaman yang panjangnya sekitar 5 meter dan lebar sekitar 80 cm dengan terdiri atas 4 sampai 5 tingkat. Dalam hal ini Anda wajib menjaga temperatur di dalam kumbung sekitar 28 hingga 35 derajat celcius.

2. Pembuatan Tempat Rak Berukuran 2 m2

Bahan dalam kardus juga dilengkapi oleh campuran-campuran bahan lainnya diantaranya arah sekam, petroganik, pupuk NPK, dedak halus, kapur yang berguna menetralisasi kampus, bonggol pisang, tepung beras ketan dan limbah sayuran. Adapun  bahan-bahan untuk rak berukuran 2 m2 di antaranya 25 kg aram sekam, 5 kg kapur, 5 botol bibit, 20 kg kardus, 5 kg bonggol pisang dan 10 karung limbah sayur dengan ¼ kg pupuk NPK dan 1 kg petroganik. Pertama-tama sobek kardus sampai berukuran 5-10 cm, kemudian rendam pada larutan kapur. Adapun bak kolam dari bahan terpal plastik yang berukuran sekitar 4×6 m, lalu taburkan ¼ NPK pada rendaman, diamkan 5 hari, lalu potong-potong bagian limbah sayuran dan bonggol pisang sampai berbentuk potongan kecil. Kemudian hancurkan bibit dari Jamur merang pada botol dan campurkan beras ketan.

3. Cara Tanam Bibit Jamur Merang

Langkah Budidaya jamur merang berikutnya adalah penanaman. Caranya taburkan sisa dari kapur kemudian tuangkan media dalam kardus yang telah ditiriskan tadi pada kumbung atau rak. Lalu taburkan ½ campuran bonggol dan limbah sayuran. Kemudian lapisi lagi gundukan media kardus dengan ketinggian 10 cm, lakukan pasteurisasi. Tanam bibit jamur pada media, taburi arang sekam berikut campuran pupuk organik dan pupuk. Lalu tutup media dengan rapat.

4. Tahap Pemeliharaan Bibit

Supaya menghasilkan jamur merang yang berkualitas sebaiknya lakukan pemeliharaan dengan menjaga suhu ruangan pada 28-35 derajat celcius. Di hari ke-5, tepatnya jam 00.00 Anda bisa membuka plastik yang menutupi media serta jendela kumbung. Lalu semprot memakai 10 liter air dari hasil cucian beras yang dicampur 10 tutup dari biogan memakai hand sprayer.

5. Masa Panen

Jamur merang bisa dipanen ketika usianya sekitar 10-14 dari penanaman. Masa panen bisa dilakukan selama tiap hari hingga tanaman berusia 1 bulan. Ada baiknya jamur merang yang dipanen yaitu sebelum mekar, ketika kancing bertahap dengan stadium telur supaya memperoleh harga lebih baik.

Lainnya Cara Menanam Bunga Melati dan Cara Menanam Bengkuang

Itulah langkah-langkah budidaya danCara Menanam Jamur Merang Media Kardus dengan tepat dan baik. Semoga bermanfaat!