Cara Menanam Cabe

Petani IndonesiaCara Menanam Cabe Yang Baik dengan media bedengan maupun polybag merupakan salah satu cara untuk menanam cabe sebagai cara dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah.

Cabe merupakan salah satu bumbu dalam masakan Indonesia yang wajib ada dalam dapur kita. Cabe merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan sambal yang seakan menu pendamping wajib di meja makan. Makan tanpa menggunakan cabe serasa belum merasakan nikmatnya makan dan keseruan karena sensasi pedas dari sambal. Jika Anda penggemar sambal, bagaimana jika Anda mulai menanam cabe milik Anda sendiri karena Anda bisa memetik cabe kapanpun Anda mau. Cara menanam cabe juga tidak begitu sulit jika Anda tahu teknik menanam cabe yang benar.

Artikel berikut ini akan memberikan Anda pengetahuan bagaimana teknik menanam cabe yang benar sehingga menghasilkan cabe yang bagus dan memiliki rasa yang pedas. Anda bisa menanam cabe rawit atau cabe keriting biasa sesuai dengan selera Anda. Cara menanam cabe berikut ini akan memberikan Anda pengetahuan, dan bisa menjadi salah satu tanaman di rumah Anda sehingga Anda tidak perlu lagi membeli cabe jika harganya meroket dengan tajam. Berikut beberapa cara dalam menanam cabe yang benar yang bisa Anda lakoni di rumah Anda sendiri, diantaranya adalah:

1. Bibit cabe

Hal yang pertama sekali Anda lakukan adalah memilih bibit cabe yang berkualitas. Anda bisa memilih jenis cabe yang akan Anda tanam, dan pilihlah bibit cabe yang masih segar. Setelah itu Anda bisa mengupas cabe dan mengeluarkan bijinya. Jemurlah biji cabe di terik matahari sampai biji cabe mengering.

2. Semaian cabe

Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe adalah melakukan penyemaian bibit cabe. Anda bisa memilih salah satu cara penyemaian yaitu dengan menggunakan polybag atau dengan menggunakan media bedengan. Kedua media penyemaian ini sama-sama bagus sebagai sarana penyemaian bibit cabe. Jika Anda menggunakan bedengan, maka Anda bisa membuat bedengan semaian, kemudian berikan pupuk kompos ke dalam bedengan dan taburkan bibit cabe. Tutup bagian atas dengan menggunakan gulma yang telah kering demi mencegah air langsung masuk ke bibit cabe. Tetap siram bedengan diatas gulma kering agar tanah tetap lembab. Tunggulah hingga bibit mengeluarkan 4 helai daun sebelum dipindahkan ke lahan.

3. Lahan cabe

Siapkan lahan untuk menanam cabe dengan ukuran lebar sekitar 1 sampai 1,5 meter dengan ketinggian bedengan sekitar 30 cm dengan jarak antar bedeng yaitu 30 cm serta jarak lubang yang satu dengan yang lain sekitar 40 sampai 60 cm. Anda bisa juga menggunakan polybag jika tidak memiliki lahan yang begitu luas.

4. Masa penanaman

Untuk masa penanaman sebaiknya dilakukan dalam masa curah hujan yang tidak begitu tinggi. Bibit yang telah memiliki helai bisa dipindahkan ke bedengan atau polybag. Anda bisa menyiram bibit setiap hari untuk menjaga tanahnya tetap lembab.

5. Pemupukan

Cara menanam cabe yang baik akan berhasil jika dipupuk dengan baik. Anda bisa menggunakan pupuk kompos jika ingin menanam cabe secara organic.

6. Perawatan

Anda bisa melakukan perawatan dengan menyiram cabe setiap hari untuk menjaga tanah tetap lembab, cabutlah gulma yang mengganggu pertumbuhan Sayur Sayuran yang satu ini, berikan pupuk secara rutin dan buang daun yang menguning agar cabe tumbuh dengan cepat.

7. Panen

Anda bisa melakukan panen ketika cabe Anda telah tumbuh dengan sempurna serta memiliki buah yang segar dan masak.

Baca Juga : Cara Menanam Semangka

Demikianlah cara menanam cabe yang bisa Anda praktekkan. Cukup mudah bukan? Anda pun bisa memiliki ladang cabe milik Anda sendiri. Selamat mencoba.