Cara Menanam Bunga Melati

Cara MenanamMetode Budidaya bunga melati yang baik dan benar merupakan sebuah cara praktis dalam proses penanaman bunga melati sehingga bisa memperindah situasi dan suasana yang ada di dalam rumah Anda.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengupas perihal bunga melati yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Bunga melati adalah bunga khas Indonesia yang memiliki aroma harus dan warna yang putih mempesona. Banyak orang yang suka dengan bunga yang satu ini. Karena itulah banyak pula yang tertarik untuk membudidayakan melati untuk dijual kembali atau sebagai kesenangan pribadi untuk menambah keindahan rumah dan pekarangan. Karena tidak semua orang mempunyai pekarangan yang luas, maka salah satu solusi yang bisa dipakai adalah menggunakan pot. Melalui artikel ini Anda akan mengetahui Cara menanam bunga melati dengan menggunakan media berupa pot bunga.

Proses Budidaya Bunga Melati

Keunggulan dari cara ini adalah fleksibilitas dalam menempatkan bunga melati. Dengan memakai media pot, maka Anda bisa meletakkan bunga tersebut di mana saja tergantung keinginan untuk menambah keindahan pada titik tertentu di dalam rumah. Langsung saja, berikut adalah beberapa cara menanam bunga melati yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Pertama, siapkan tanah yang cocok untuk menanam bunga melati semisal tanah berpasir. Siapkan juga pupuk kompos untuk menyuburkan tanah, tak lupa juga menggunakan pupuk kandang. Hindari memakai pupuk buatan sebisa mungkin. Campurkan tanah, pupuk kompos serta pupuk kandang dengan takaran yang sama. Hasil campuran inilah yang akan kita gunakan sebagai media tanam untuk bunga yang indah ini.

Bunga Melati di Pekarangan Rumah

Teknik membudidayakan bunga melati selanjutnya, ambil campuran tiga elemen tersebut dan masukkan ke dalam sebuah pot. Ukuran dan jenis pot bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Namun perhatikan juga kesesuaian dengan bunga melati. Apabila Anda ingin membudidayakan bunga melati dalam jumlah kecil di dalam sebuah pot, maka pilihlah pot yang kecil. Sedangkan pot yang agak besar untuk menampung lebih banyak lagi bunga melati. Dalam proses pengisian, hindari untuk mengisi pot secara penuh dengan tanah campuran. Isilah hanya 1/3 bagian saja. Kemudian tanamkan melati di pot tersebut.

Kalau Anda membeli benih Bunga melati, sebaiknya cukup membuang plastiknya saja, sedangkan tanahnya dibiarkan dan ditanam ke dalam pot bersama dengan bunga melati. Hal ini perlu untuk dilakukan agar tanaman bunga melati tidak cepat layu begitu ditanam ke dalam pot. Setelah ditanam, masukkan kembali sisa tanah campuran sebelumnya untuk menutupi pot. Sisakanlah ruang sekitar 2 cm dari permukaan tanah ke ujung pot. Berikan sedikit tekanan pada batang melati supaya tertanam dengan kokoh menggunakan ibu jari Anda. Tekanan yang diberikan tidak perlu lama, yang penting Anda sudah memastikan bahwa bunga melati tidak akan gampang goyah.

Setelah itu, pastikan bahwa bagian luar pot sudah bersih dengan cara membersihkannya menggunakan air atau lap. Anda bisa memasukkan pot ke dalam rumah, ditaruh di tempat tertentu seperti di balkon maupun ditempatkan di pekarangan rumah. Di mana pun itu, pastikan kalau Tanaman Hias bunga melati bisa menerima sinar matahari secara langsung. Karena tanpa sinar matahari yang cukup, maka pertumbuhan tidak akan berjalan dengan baik, malah bisa layu dan mati. Penyiraman bisa Anda lakukan dua kali dalam sehari untuk mempertahankan kelembaban tanah yang ada di dalam pot. Seperti halnya matahari, air juga penting untuk tanaman yang satu ini.

Cara Perawatan Bunga Melati

Banyak orang yang melupakan hal penting yang satu ini, yakni melakukan perawatan secara berkala. Sebenarnya untuk merawat bunga melati cukup sederhana. Ketika melati tumbuh, sedakan waktu luang untuk memotong cabang yang tidak menarik. Rapikan bunga melati, baik itu batang, cabang maupun daun serta bunga. Hal ini akan membuat bunga yang Anda tanam terlihat lebih menarik dan lebih indah dipandang oleh mata. Sehingga setiap orang yang datang ke rumah Anda untuk berkunjung akan terkesan dengan keindahan sederhana dari bunga melati yang ada di rumah Anda.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Melon di Dalam Pot

Berakhir sudah sekilas bahasan tentang Cara Menanam Bunga Melati di Pekarangan Rumah. Apa yang sudah Anda baca di dalam artikel ini baru akan benar-benar berguna apabila dipraktekkan dengan benar. Sehingga tidak hanya menjadi sekedar tulisan sesaat yang hinggap di ingatan. Namun menjadi ilmu yang bisa dimanfaatkan secara nyata.