Cara Menanam Bunga Mawar

adsense-fallback

Cara Menanam Bunga Mawar menggunakan metode stek yang ditanam pada media pot membutuhkan tempat gelap untuk poses tumbuhnya tunas, barulah sinar matahari diperlukan.

Menanam bunga mawar dengan stek memang gampang-gampang susah, karena tidak semudah bunga lain yang bisa hidup begitu saja pada pot. Bunga mawar ini merupakan salah satu bunga yang paling disukai banyak orang karena memiliki warna-warna yang indah dan beraneka ragam. Keindahan bunga mawar terdapat pada bentuk fisiknya dan juga keharumannya yang sangat khas. Jika Anda pernah menanamnya, maka Anda pasti pernah mengalami kegagalan dalam mempertahankan bentuk pohon dan bunga yang macet tidak mau berbunga lagi. Ini berarti cara merawat Anda yang kurang bagus dan tidak benar. Nah jika Anda ingin memiliki bunga yang bagus, segar dan berbunga banyak, berikut ini caranya untuk menanam dengan stek.

adsense-fallback

1. Penentuan bibit stek

Langkah pertama cara menanam Tanaman Hias ini dengan stek dalam pot bunga adalah dengan menentukan bibit. Pilihlah batang pada bagian tengah yang tidak jauh dari pangkalnya.

2. Siapkan pot

Langkah kedua adalah dengan menyiapkan pot. Anda bisa menggunakan pot dari berbagai bahan. Bahan tanah liat, semen, plastik atau keramik dan sesuaikan dengan ukuran pot.

3. Siapkan tanah

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan tanah, pilihlah tanah yang bagus untuk media tanamnya. Tanah yang berwarna hitam dan gembur adalah tanah yang bagus, akan lebih bagus lagi jika tanah tersebut adalah bekas pembakaran.

4. Pupuk kompos

Bercocok tanam bunga mawar selanjutnya adalah dengan menyiapkan pupuk kompos, jangan terlalu banyak namun pastikan cukup untuk ukuran polybag Anda.

5. Cara stek

Cara stek yang akan memberikan hasil adalah dengan memilih batang mawar yang sudah tua. Kemudian potong sepanjang 4 hingga 6 cm dengan menggunakan alat potong yang tajam. Sedangkan medianya adalah tanah murni, karena penggunaan pupuk justru akan menghambat pertumbuhan batang yang sedang di stek.

6. Polybag

Untuk memindahkan hasil stek, gunakan polybag berukuran ΒΌ kilo yang berisi tanah. Kemudian tancapkan tangkai mawar yang telah dipotong dari proses stek tersebut hingga ke bagian tengah. Pastikan kedalamannya setengah dari media tanam beri air, dan jangan lupa untuk melubangi polybag dengan menggunakan lidi. Kemudian letakkan pada tempat yang teduh, hindari pemberian pupuk hingga akarnya keluar.

7. Pemindahan ke media yang baru

Cara menanam bunga mawar selanjutnya adalah dengan memindahkan ke media tanam yang baru. Syarat dipindahkannya adalah apabila pohon bunga telah tumbuh beberapa daunnya. Nah pada masa inilah Anda boleh menambahkan pupuk, cara memindahkannya adalah dengan merobek polybag, dan usahakan jangan merusak susunan tanah yang ada di dalamnya.

8. Campuran tanah pada media baru

Cara Menanam bunga mawar selanjutnya adalah dengan membuat campuran tanah pada media baru. Buatlah campuran pupuk kompos, tanah biasa dan beri juga sedikit pasir pada sebuah pot yang akan dijadikan media yang baru. Kemudian aduklah bahan ini hingga benar-benar rata, kemudian masukkan batang stek yang telah dirobek polybagnya.

9. Tempat gelap lebih baik

Untuk menyimpan bunga yang telah di pindahkan dalam media pot, maka sebaiknya Anda letakkan pada tempat yang teduh. Namun jika Anda memiliki tempat gelap yang tidak terkena sinar matahari langsung, maka ini akan lebih baik. Dengan demikian maka tunas akan cepat terangsang dan lebih cepat tumbuh.

Baca Juga : Cara menanam cabe rawit

Periksalah setiap hari apakah tanaman Anda telah tumbuh dengan baik, jika tunas telah tumbuh maka saat inilah waktu yang tepat untuk memindahkan tanaman Anda pada tempat yang lebih terang. Dengan tumbuhnya tunas ini maka berarti tanaman Anda telah mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Demikian Cara menanam bunga mawar dengan stek agar cepat berbunga, semoga bermanfaat.

adsense-fallback