Cara Menanam Bunga Matahari

CaraMenanam.Net – Cara Menanam Bunga Matahari dilakukan mulai dari tahap menyemai biji bunga. Setelah itu akan melewati proses pemijahan sampai benih siap untuk dipindahkan ke media tanam.

Budidaya Bunga matahari yang baik dan benar tentu mudah dan bisa tumbuh diberbagai jenis tanah, mulai dataran rendah sampai dataran tinggi. Jenis bunga matahari juga bisa tumbuh dengan baik apabila mendapat asupan sinar matahari serta angin yang tidak terlalu tinggi. Kondisi seperti itu bisa membuat tanaman bunga matahari tumbuh sehat dan ketika berbunga juga menghadap ke matahari dengan cantik dibawah terik. Jika bunga matahari tumbuh sedemikian indahnya, pasti Anda ingin menanamnya sendiri di rumah Anda. Tenang saja karena kita akan mengulas cara dan bagaimana merawat bunga matahari yang tepat.

Untuk menyingkat waktu langsung kita simak uraian di bawah ini:

1. Memilih benih bunga matahari

Memilih benih Bunga matahari dilakukan dengan memilih bijinya, biji bunga matahari sering digunakan untuk menjadi olahan kwaci. Biji yang ukuran besar dan padat adalah benih yang baik untuk dipilih. Sedangkan cara mendapatkan tunas dengan menyemai benih yaitu menancapkan bagian ujung lancip ke tanah. Jangan lupa pilih media tanah yang subur dan basah supaya biji bisa bertunas. Cara menanam bunga matahari tahap awal memilih benih yaitu pada saat tunas sudah mulai besar kemudian dipisahkan dalam media tanam yang kecil dan akan tumbuh semakin besar.

2. Menanam benih di media tanam

Setelah benih sudah mulai besar, tanam kembali di media yang sesungguhnya seperti pot atau tanah langsung. Sarat media tanah yang baik adalah yang subur dan basah sehingga kadar air untuk benih tercukupi. Cara menanam bunga matahari yang siap tanam yang benar yaitu dengan menekan bagian bawah atau akar ke dalam tanah kurang lebih separuh dari tinggi keseluruhan benih. Cara ini akan memudahkan akar mengikat ke tanah dengan kadar air yang tercukupi sehingga tidak mudah mati atau layu.

3. Merawat pasca tanam

Ketika kita sudah berhasil menanam dan tidak layu, maka kita harus rutin merawat tanaman bunga matahari. Mulai dari rutin menyiram air dengan intensitas penyiraman kurang lebih 2 hari sekali. Apabila Anda menggunakan media pot maka Anda bisa menyiramnya menggunakan semprotan air. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tanaman bunga matahari ditempat yang sedikit teduh sampai ukuran tanaman sudah mulai besar dan lebih kuat. Proses perawatan seperti ini bisa dilakukan sampai usia tanaman memasuki 2-3 bulan. Setelah itu, Anda bisa memindahkan tanaman ke tempat yang lebih terbuka dan mendapat sinar matahari lebih maksimal. Cara menanam bunga matahari dengan baik seperti ini akan mempercepat pertumbuhan tanaman menjadi besar.

4. Tanaman siap berbunga

Pada saat tanaman bunga matahari melewati usia 3 bulan maka biasanya akan muncul tunas calon bunga dibagian ujung tanaman. Selain itu juga akan muncul tunas bunga dibagian atas pangkal daun dengan ukuran kecil. Pada tahap ini Anda bisa membuang tunas bunga dan membiarkan tunas bunga bagian ujung saja yang tersisa. Hal ini bertujuan supaya nutrisi yang dibutuhkan hanya untuk satu bunga saja sehingga hasilnya bunga menjadi besar dan indah. Ini menjadi salah satu kunci berhasil tidaknya cara menanam bunga matahari supaya hasil bunganya besar, lebar dan tegak menghadap matahari.

Baca Juga : Cara Menanam Kol Yang Baik dan Benar

Demikianlah cara dan tips untuk Anda yang ingin menanam bunga matahari, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Khususnya tentang Cara Menanam Bunga Matahari yang baik dan benar termasuk cara merawat tanaman. Nantikan tips dan ulasan tanaman lainnya yang akan kami berikan untuk Anda, terakhir kami ucapkan selamat mencoba semoga berhasil. Bahkan jika ini berhasil maka bisa berpeluang untuk membuat olahan biji matahari menjadi camilan kwaci dari Tanaman Hias yang satu ini.