Cara Menanam Bunga Kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja yang benar dan yang baik paling jitu ada beberapa cara, diantaranya yaitu teknik stek, teknik sambung, teknik menanam biji, dan mencangkok. Pilihlah yang paling Anda sukai.

Apakah Anda menyukai Tanaman Hias? Jika iya, sudah mencoba menanam bunga kamboja belum? Eits, jangan salah sangka dulu. Meskipun kamboja banyak dijumpai di makan-makam, ternyata bunga ini juga akan menjadi bunga yang indah ketika sebagai bunga hias. Budidaya bunga kamboja akan kami ulas pada artikel ini, jadi bagi Anda yang belum pernah menanam tanaman kamboja, Anda bisa mencobanya dengan panduan pada artikel ini yang akan kami ulas.

Inilah Cara Mudah Menanam Kamboja dengan Berbagai Cara

Adapun beberapa cara yang mudah untuk menanam bunga kamboja diantaranya bisa Anda lihat dibawah ini. Nah, jika Anda penasaran, berikut ini ulasannya untuk Anda menurut Petani Indonesia.

1. Teknik stek dan teknik menanam biji

Cara menanam bunga kamboja ada beberapa macam, untuk yang pertama adalah dengan cara stek. Stek adalah dengan menanam batang-batang dari tanaman kamboja yang nantinya akan muncul akar sendiri di dalam tanah dan kemudian tanaman akan hidup dan tumbuh. Tetapi kelemahan cara ini adalah tingginya resiko kegagalan, karena rawan pembusukan. Untuk cara stek adalah dengan memberikan zat perangsang akar dengan cara dioleskan pada bekas potongan. Angin-anginkan selama kurang lebih satu malam, lalu dapat langsung ditanam atau ditancapkan pada tanah yang sudah disiapkan. Usahakan agar media untuk menanam tidak terlalu basah dan terlalu kering, biarkan lembab saja. Cara berikutnya adalah dengan biji. Biji nantinya akan menjadi bonggol yang membesar.

2. Teknik sambung

Cara menanam bunga kamboja yang baik lainnya adalah dengan teknik sambung. Nah, cara ini merupakan cara yang paling banyak untuk menanam tanaman hias berupa Bunga kamboja. Untuk batang bagian bawah merupakan batang yang berasal dari biji yang kualitas bonggolnya unggul, kemudian pada batang yang bagian atas adalah jenis tanaman kamboja yang diinginkan atau disukai. Dengan perpaduan dua jenis batang ini maka akan didapatkan bibit yang unggul serta bibit yang kita inginkan.

3. Teknik cangkok

Cara menanam bunga kamboja yang benar berikutnya yaitu teknik cangkok. Teknik cangkok akan mengurangi resiko kegagalan dibandingkan dengan teknik stek. Caranya pilih batang yang sudah cukup tua, yaitu batangnya sudah berwarna cokelat, sedangkan batang yang masih muda adalah berwarna hijau. Kupas kulit luar dari batang tersebut beberapa centimeter, dalam mengupasnya sampai terlihat kambium jangan terlalu dalam.

Anda perlu memperhatikan ketika mengerok kambium sebagai cara cangkok, yaitu dengan hati-hati sampai habis. Kemudian beri tanah pada plastik atau pada sabut kelapa yang kemudian diikatkan pada batang tanaman kamboja yang sudah dikerok kambiumnya tadi. Anda harus telaten menjaga kelembaban media tanam tersebut, misalnya dengan menyiraminya dan jangan sampai kekeringan, maka lambat laun akan muncul akar baru pada batang yang sudah dikerok tersebut. Anda harus sabar menunggu paling tidak 2 bulan untuk dapat memotongnya kemudian dipindahkan pada media yang lebih luas lagi. Cara budidaya bunga kamboja dengan cangkok ini biasanya dilakukan bagi seseorang yang sudah mempunyai tanaman kamboja lalu ingin memperbanyak lagi. Jika meminta kepada rekan biasanya mengunakan teknik stek, biji, atau sambung.

Baca Juga : Cara Menanam Kacang Panjang

Untuk Cara menanam bunga kamboja yang baik dan benar dengan teknik sambung Anda juga harus cukup sabar, karena dalam waktu kurang lebih 20 hari baru bekas sambungannya menghilang. Untuk cara sambung yang ideal bisa menggunakan model v atau model rata. Setelah disambungkan, beri ikatan untuk menguatkan kedua batang. Jika dalam waktu 20 hari sudah dapat tersambung dengan baik, maka ikatan sambungan dapat dilepaskan. Anda harus segera melepasnya agar tidak menjadi halangan penyerapan nutrisi untuk tumbuh kembang tanaman ini