Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Baik

adsense-fallback

Petani Indonesia – Cara Menanam Budidaya Tebu Yang Baik harus memperhatikan beberapa tahapan yakni penanaman, pembibitan dan persiapan lahan sehingga tebu akan tumbuh dan produksi dengan optimal.

Tentunya hampir semua masyarakat Indonesia mengenali tebu atau tanaman tebu, namun mereka belum mengetahui secara pasti bagaimana Cara menanam tebu yang baik. Tanaman tebu ini apabila sudah dipanen akan memasuki proses olahan menjadi barang atau kebutuhan yang dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari seperti gula. Budidaya Tanaman Pangan tebu ini harus dicermati dan teliti karena terdapat teknik yang wajib dipelajari agar mendapatkan produksi hasil yang sangat baik. Apalagi tebu ini adalah bahan baku untuk proses produksi gula yang sering digunakan untuk membuat teh, kopi, dan masih banyak lainnya. Sehingga apabila Anda bisa mengembangkan menanam tanaman tebu ini dengan sukses maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan yang besar.

adsense-fallback

Untuk membudidayakan Tanaman tebu membutuhkan waktu yang relatif lama karena masa panennya yaitu kira-kira kurang lebih 1 tahun. Selain itu, untuk membudidayakan tanaman tebu ini harus memiliki lahan yang luas sehingga hasilnya dapat berkualitas dan baik. Prospek budidaya tanaman tebu ini sangat meningkat pesat karena tebu adalah bahan baku utama pembuatan gula. Sedangkan gula merupakan kebutuhan pokok yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, apabila Anda ingin mengembangkan bisnis sampingan, maka menanam pohon tebu merupakan pilihan yang tepat disamping Menanam Anggrek dan Menanam Anggur tentunya. Karena tanaman tebu ini akan laku dijual dan harganya pun bernilai tinggi dari tahun ke tahun tidak pernah turun. Untuk itu, pelajar terlebih dahulu cara menanam tebu yang baik dan benar di bawah ini.

Apabila Anda berminat dan berencana untuk membudidayakan tanaman tebu, berikut ini penjelasan singkat mengenai Cara budidaya tebu yang baik mampu menciptakan tebu yang berkualitas. Simak dengan seksama penjelasan berikut ini.

1. Persiapan lahan

Siapkan lahan yang akan ditanami, sebaiknya lahan tersebut luas dan diberikan pupuk kompos sebanyak 1-2 kuintal per hektarnya. Setelah itu, ratakan pupuk kompos dan diamkan selama 1 hingga 2 minggu lalu dibajak agar tanahnya gembur.

2. Pembibitan

Tebu harus dipilih bibit yang baik dan berkualitas unggul, bibit bisa dibeli di pabrik atau di petani lainnya. Potong bibit dengan bentuk miring dan panjang kira-kira 25 hingga 30 cm dengan minimal 3 hingga 4 jumlah mata bibit.

3. Penanaman

Sebelum bibit ditanam, pertama ratakan lahan dan gemburkan, kemudian buat guludan rendah dengan kira-kira jarak disesuaikan dengan luas lahan. Tanam bibit tebu sedalam lebih dari 5-10 cm dengan posisi miring. Untuk menanam tebu yang baik adalah ketika cuaca cerah dan ditanam di daerah kering antara bulan Oktober hingga Desember. Sedangkan apabila ditanam untuk daerah basah yakni di awal musim kemarau.

Setelah Anda sudah berhasil melakukan cara menanam tebu yang benar, maka proses selanjutnya yaitu melakukan penyiraman. Penyiraman sebaiknya dilakukan ketika Anda sudah melihat kondisi tanah untuk penanaman tebu tersebut. Selain melihat kondisi tanah, Anda perlu melihat dan memperhitungkan faktor cuaca di tempat Anda tinggal. Penyiraman yang paling efektif adalah dengan melakukan pemupukan dan 3 hari, setelah pemupukan adalah proses yang paling lambatnya. Menanam tebu agar menghasilkan kualitas baik, maka sebaiknya ditanam di daerah yang memiliki iklim panas, yakni diantara suhu 25 hingga 28 celcius dengan curah hujannnya 100 mm per tahun.

Pemanenan tebu apabila sudah memasuki usia panen, sebaiknya segera dilakukan agar tebu tidak busuk. Pemanenan dilakukan dengan mencangkul area tanam tebu kira-kira kedalamannya 20 cm. Batang tebu yang akan dipanen disisakan 3 ruas agar tebu bisa tumbuh kembali atau dicabut hingga akarnya apabila ingin membongkar tebu. Sebaiknya, pucuk tebu dibuang, sedangkan batang tebu diikat menggunakan 20 hingga 30 batang untuk digiling. Nah, itulah proses cara menanam tebu dan cara melakukan pemanenan tebu.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Kamboja

Demikian penjelasan lengkap mengenai beberapa tahap Cara Budidaya Tebu Yang Baik mudah dan sederhana. Perlu Anda ketahui, Anda harus rajin dalam merawat tebu ketika proses awal dan benar dalam menyiapkan lahan agar hasilnya pun dapat maksimal.

adsense-fallback