Cara Menanam Budidaya Kacang Hijau

adsense-fallback

Cara Menanam Budidaya Kacang Hijau  sangat mudah dan cukup menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda bingung mengolah lahan yang kering, menanam kacang hijau ini bisa menjadi solusi.

Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi sangat tinggi selain Kacang Tanah dan Kedelai. Biasanya kacang hijau dijadikan bubur yang enak dan menggugah selera. Tahukah Anda untuk menanam kacang hijau ini juga tidak terlalu menyulitkan. Menanam kacang hijau ini juga bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan menanam kacang hijau dengan hasil panen yang melimpah maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin tinggi dan besar. Lalu, bagaimana Cara menanam kacang hijau sebagai tanaman budidaya berikut adalah ulasannya.

adsense-fallback

1. Memilih media tanam

Pemilihan media tanam adalah salah satu hal penting diperhatikan dalam penanam kacang hijau. Dalam cara menanam kacang hijau lahan atau media tanam harus tanah gembur yang memiliki kandungan zat organik tinggi dari tumbuhan. Tanah untuk penanaman kacang hijau juga harus memiliki kandungan ph antara 5,8 hingga 7. Selain itu, lahan yang akan digunakan untuk penanaman kacang hijau juga harus memiliki sistem drainase yang baik dengan demikian air mengalir dengan baik dan tanaman tidak terendam air yang bisa membuat tanaman menjadi busuk. Jadi, waktu yang paling pas untuk menanam kacang hijau ini adalah masa musim kemarau.

2. Pemilihan bibit dan tanaman

Hal berikutnya yang juga penting untuk diperhatikan adalah pemilihan bibit. Untuk mendapatkan hasil panen dan tanaman Kacang hijau yang baik juga, Anda bisa memilih berbagai bibit yang tersedia di toko. Selain itu, jika media tanam belum pernah ditanami kacang hijau bibit harus di inokulasi terlebih dahulu. Cara menanam kacang hijau berikutnya adalah penanaman. Tanamlah kacang kedelai pada musim kemarau. Pertama, Anda buat lubang pada media tanam yang sudah disiapkan dengan jarak 40x 40 atau 30×10. Setelah itu, Anda masukkan bibit kacang setiap lubang 2 atau 3 biji. Jika sudah, tutup lubang dengan menggunakan pupuk organik. Anda tidak perlu memadatkan saat menutup lubang tempat menanam kacang hijau.

3. Perawatan

Pemupukan dan pengairan adalah salah satu hal penting dalam budidaya sebuah tanaman. Pada kacang kedelai pemupukan dilakukan pada masa pertama penanaman, yakni dengan memberikan Urea dan juga PPD. Setelah itu setiap dua minggu berikan pupu POC NASA. Jika tumbuhan sudah mulai berbunga hentikan pemupukan dan ganti dengan penyiraman. Hal ini penting untuk dilakukan pada masa tumbuhan masih dalam bentuk kecambah agar kecambah tumbuh dengan baik, lebih lagi jika sudah lama tidak hujan. Namun penyiraman juga jangan berlebihan agar Tanaman Pangan ini tidak mati.

Berikutnya untuk mengatasi hama yang biasa muncul pada tanaman Anda bisa melakukan dengan cara melakukan tumpangsari dengan tanaman lain. Selain itu, Anda bisa melakukan penyiangan dengan baik dan memberikan sanitasi yang baik. Jika ada hama yang menyerang seperti adanya lalat kacang serta muncul bercak pada daun Anda bisa melakukan hal ini. Yakni Anda harus menyemprot tanaman dengan menggunakan 15 WSC serta agrothiun 50 EC. Jika muncul bercak pada daun cara menanam kacang hijau untuk mengatasinya adalah dengan menyemprotkan bentele T 20 Wp.

Baca Juga : Cara Menanam Kunyit Dalam Pot

Budidaya kacang hijau adalah salah satu hal yang cukup menguntungkan. Terlebih jika lahan Anda tidak bisa ditanami akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Menanam kacang hijau ini bisa menjadi solusi untuk mengaktifkan kembali lahan Anda. Dengan Cara menanam kacang hijau yang lebih mudah daripada menanam padi membuat Anda tidak perlu repot layaknya menanam padi. Selain itu, keuntungan yang bisa didapat dengan menanam kacang hijau juga cukup baik dan menjanjikan.

adsense-fallback