Cara Menanam Buah Anggur di Polybag

Cara Menanam Buah Anggur di Polybag mudah sekali untuk anda lakukan, mulai dari memilih media, tanah dan merawat tanaman. Hasilnya akan cepat berbuah dan anggur rumahan siap dipanen.

Cara menanam buah anggur bisa dilakukan bukan hanya di lakukan di ladang atau kebun saja. Tetapi sekarang banyak yang menanamnya di media polybag atau juga pot. Menanam buah anggur menggunakan polybag bisa di depan rumah, atau sisa lahan kosong yang berdekatan dengan area rumah. Selain bermanfaat untuk tanaman hias, kita bisa mendapatkan buah anggur tanpa harus membeli atau memetik di ladang. Cara Menanam Anggur menggunakan polybag juga cukup mudah dan perawatannya lebih mudah karena selalu terpantau. Ketika kita senggang bisa melakukan perawatan tanaman supaya tumbuh subur dan berbuah.

Tanaman Buah Buahan anggur di media polybag juga lebih hemat dibanding menanam menggunakan pot, selain itu kita bisa mendesain tanaman supaya lebih indah karena berfungsi untuk tanaman hias didepan rumah. Tanaman anggur juga mudah tumbuh di daerah iklim sedang dan tropis seperti di Indonesia. Jika Anda ingin memiliki rumah yang indah dihiasi tanaman anggur, Anda bisa belajar bagaimana Cara budidaya buah anggur di sini. Mulai dari persiapan awal menanam sampai cara merawat tanaman termasuk dengan pemberantasan hama sehingga Anda berhasil bercocok tanam buah anggur disekitar rumah dan buahnya bisa dipanen untuk sendiri.

Adapun blog Petani Indonesia mengulas cara bercocok tanam buah anggur bisa dilihat dalam uraian di bawah ini:

1. Memilih polybag

Polybag merupakan media tanam dari plastik biasanya berwarna hitam dan ukuran diameternya bervariasi. Anda bisa memilih polybag dengan diameter sedang, karena jika ukurannya terlalu kecil hanya bisa diberi sedikit media tanah untuk menanam. Sedangkan tanaman anggur termasuk jenis tanaman merambat dan membutuhkan kadar air yang cukup. Dengan demikian jika kadar air dalam polybag jika terlalu sedikit kurang baik untuk pertumbuhan tanaman anggur. Menanam buah anggur harus teliti mulai dari memilih polybag, mulai dari ukuran diameter sampai tinggi polybag.

2. Memilih kadar campuran tanah

Menanam Buah Anggur menggunakan media polybag hampir sama seperti menanam buah anggur menggunakan pot. Kita harus memahami karakteristik tanah yang sesuai untuk tanaman anggur yaitu tanah yang terdapat kadar pasir. Kemudian untuk menciptakan tanah yang subur dengan kadar ph yang sesuai untuk anggur kita bisa mencampurkan dengan pupuk kandang. Campurkan tanah berpasir dengan pupuk kandang. Cara menanam buah anggur menggunakan polybag memiliki perbandingan 3 takar tanah berpasir dengan 2 takar pupuk kandang. Campuran ini bisa mempermudah air yang meresap ke dalam tanah dan tingkat kesuburan menjadi seimbang untuk tanaman anggur.

3. Menanam buah anggur

Cara menanam buah anggur seringnya menggunakan bibit yang bisa kita beli di tempat penjual benih atau bisa menggunakan biji. Pilihlah jenis bibit yang berkualitas supaya hasil buahnya manis dan ukurannya bisa maksimal. Setelah menanam, Anda harus rutin merawat mulai dengan cara menyiram, memberi pupuk bisa menggunakan pupuk organik atau menggunakan pupuk NPK. Sehingga kualitas dan kandungan nutrisinya lebih alami dan sehat. Perawatan tanaman buah anggur di media polybag sama saja dengan perawatan di kebun. Rutin di siram air, membersihkan gulma dan memberantas hama seperti ulat.

Simak Juga : Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Lakukan perawatan rutin tersebut supaya tanaman anggur cepat berbuah. Tips untuk mempercepat berbuah adalah dengan melakukan pemangkasan ranting. Pemangkasan ini dilakukan di batang tersier yang terdapat tunas menonjol. Setelah itu, akan berbunga dan akan berbuah sampai siap panen. Demikianlah cara menanam buah anggur menggunakan media polybag, semoga cara ini bisa membantu Anda yang ingin berkebun anggur di halaman rumah Anda.