Cara Menanam Apel Yang Baik dan Benar

adsense-fallback

Petani Indonesia – Cara Menanam Apel Yang Baik dan Benar. Tanaman apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dimanfaatkan sebagai buah segar dan juga sebagai aneka makanan lainnya.

Buah apel memiliki kandungan nutrisi penting yang cukup banyak, seperti vitamin C dan vitamin B yang sangat bagus bagi kesehatan subuh. Selain dijadikan buah segar, buah apel juga bisa diolah menjadi beraneka macam makanan, seperti dodol apel, kripik apel, sirup apel dan sebagainya. Hal inilah yang menjadikan apel sebagai komoditi yang tepat untuk dibudidayakan. Sebenarnya Cara menanam apel ini tidaklah sulit. Anda bisa membaca info tips menanam buah apel berikut ini:

adsense-fallback

1. Persiapan Bibit Apel

Persiapan bibit atau benih apel merupakan cara menanam pohon apel yang harus dilakukan pertama kali. Pembibitan apel ini biasanya dilakukan secara vegetatif, melalui stek, sambungan dan okulasi. Bibit atau benih yang dipilih pada tanaman apel ini dipilih berasal dari buah apel yang liar dengan perakaran yang kuat dan luas serta pohon yang kokoh. Adapun mata tunas sendiri diambil pada batang tanaman unggul yang sehat.

2. Tunas Tanaman Apel

Tunas tanaman Buah Buahan apel yang dipilih ini adalah apel yang produktif dengan ketinggian mencapai 30 cm. Tunas atau anakan ini lalu dicabut berikut akarnya, setelah itu dirompes lalu di potong bagian cabangnya. Selanjutnya ditanam di bedengan yang memiliki kedalaman 40 cm dan lebar 40 cm.

3. Cara Rundukan

Bibit apel juga bisa diperoleh pada anakan apel. batang dari tumbuhan apel memanjang lalu dirundukkan kemudian ditempelkan ke tanah. Selanjutnya batang ditimbun oleh tanah sampai muncul tunas yang baru. Sesudah berusia 4 bulan, maka rundukan bisa dipotong.

4. Cara Stek

Cara menanam apel yang benar menggunakan metode stek juga bisa dilakukan. Umumnya dihasilkan dari sebuah tanaman apel yang liar. Adapun caranya adalah cukup memotong bagian dahan apel dengan panjang 20 cm lalu memasukkan bagian bawahnya pada larutan Roton F. Adapun fungsinya adalah agar pertumbuhan pada akar tanaman ini dapat terangsang dengan cepat dan baik.

5. Persiapan Lahan

Cara menanam apel berikutnya adalah meliputi persiapan lahan. Adapun tujuan dilakukannya persiapan lahan adalah untuk mencukupi kebutuhan zat-zat yang penting bagi tanaman. Caranya adalah dengan mencampur pupuk kandang dan tanah, dengan begitu tanaman apel mendapatkan gizi dan nutrisi yang bagus. Jika pH tanah <6 maka bisa melakukan pengapuran. Pada tahapan ini, Anda wajib membentuk bedengan sebagai tempat untuk menanam bibit tanaman apel. Serta lakukan penyiraman agar kelembaban tanah yang digunakan untuk menanam bibit apel lebih terjaga.

6. Penanaman Apel

Cara menanam apel selanjutnya adalah tahap penanaman apel. Pada penanaman apel, jarak tanam tiap satu tanaman ke tanaman lainnya wajib di atur. Adapun jarak tanamnya ini bergantung pada varietas tanaman apel yang hendak dibudidayakan tersebut, akan tetapi biasanya jarak tanam rata-rata sekitar 2-3 meter. Jika bibit telah dimasukkan pada lubang-lubang lahan atau tanah, maka padatkan tanah yang ada di sekitar bibit supaya bibit tidak mudah goyah serta dapat tumbuh baik.

7. Perawatan Tanaman Apel

Jika bibit-bibit tanaman apel tadi telah tertanam pada lahan yang telah disiapkan, maka selanjutnya yaitu melakukan perawatan pada tanaman-tanaman tersebut. Adapun caranya cukup dengan melakukan penyiraman dan pemupukan dengan teratur agar apel dapat tumbuh baik. Tak hanya itu saja, pemangkasan tanaman ini juga penting dilakukan jika ada beberapa pucuk pohon atau dahan yang tidak produktif. Anda juga bisa menyemprotkan pestisida agar mencegah dan menghindari serangan terhadap hama penyakit.

Baca Juga : Cara Menanam Timun

Nah, demikianlah langkah-langkah Cara menanam apel dengan benar dan mudah untuk Anda!

adsense-fallback