Cara Menanam Anggrek

Cara Menanam – Cara Menanam Anggrek dalam Pot dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan yang Anda inginkan seperti sabut kelapa, arang kayu atau bisa juga menggunakan potongan pakis.

Cara menanam anggrek yang benar tidak hanya bisa menghiasi pekarangan rumah, namun juga bisa menjadi lahan bisnis. Karena tanaman anggrek dalam pertumbuhannya tidak memerlukan banyak tempat seperti tanaman bunga yang lainnya. Jika tanaman bunga yang lain harus menggunakan media pot, maka ada beberapa anggrek yang tidak demikian. Karena anggrek yang selama ini kita kenal adalah memiliki habitat asli di mana anggrek tersebut dapat tumbuh pada tanaman lain dan bisa juga hidup di dalam pot. Meskipun anggrek bisa hidup menempel pada tanaman lain, namun bukan berarti Tanaman anggrek menjadi benalu. Karena anggrek epiphyt, bisa tumbuh di tanaman lain di mana ia tidak mengganggu tanaman lain yang ia tempeli.

Cara menanam anggrek yang seperti ini memiliki teknik tersendiri, sedangkan tanaman anggrek yang ditanam di dalam pot atau di tanah juga merupakan jenis tanaman anggrek yang berbeda yang disebut dengan anggrek Terrestris. Untuk menanam anggrek sebenarnya bisa dilakukan dengan gampang-gampang susah, namun demikian semua bisa menjadi mudah jika kita punya ilmunya. Kali ini akan kita bahas tentang bagaimana cara menanam jenis anggrek epiphyt dengan menggunakan media dalam pot. Anggrek epiphyt sendiri dapat ditanam dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan pot atau bisa juga menggunakan media pohon atau papan pakis.

Adapun syarat untuk bisa menanam anggrek adalah kesabaran, ketelatenan, dan konsentrasi. Cara menanam anggrek untuk bisa mendapatkan hasil yang baik juga memiliki beberapa syarat. Adapun syarat yang pertama adalah jangan sampai akar anggrek tersebut busuk atau rusak, karena anggrek yang demikian tidak akan tumbuh. Kemudian tanaman tersebut tidak goyang, dan selanjutnya adalah drainase baik dan lancar sehingga akan dibutuhkan banyak lobang pada pot anggrek. Ini bertujuan untuk memberikan pertumbuhan tanaman yang baik dan akan menghasilkan bunga yang banyak, subur dan indah.

Cara Menanam Anggrek

Nah, jika Anda tertarik dengan menanam Tanaman Hias ini untuk sendiri atau untuk bisnis, berikut ini cara menanamnya.

1. Siapkan media pot

Cara menanam anggrek yang pertama adalah dengan menyiapkan media pot. Adapun media yang bisa Anda gunakan adalah pot yang terbuat dari plastik, pot dari tanah liat atau pot yang terbuat dari semen. Jika Anda ingin menggunakan pot bekas, maka sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu pot tersebut hingga benar-benar bersih. Karena kotoran bekas jamur, lumut, dan bakteri bisa mengganggu pertumbuhan anggrek nantinya.

2. Siapkan tiang penahan

Tiang penahan ini berfungsi untuk menyangga anggrek agar tidak goyang saat di siram atau ketika Anda sedang merawat anggrek tersebut. Tiang yang digunakan sebaiknya adalah tiang yang kuat, dan juga tahan lama Sehingga tiang yang paling tepat adalah kawat. Pilihlah kawat dengan diameter 2 hingga 4 mm, dan Anda bisa melepasnya ketika anggrek sudah kuat hidup di pot.

3. Media tanam

Cara menanam anggrek yang baik harus menggunakan media tanam yang tepat Anda bisa memilih potongan pakis, arang kayu atau sabut kelapa. Bagi Anda yang belum pernah bergelut dengan anggrek mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara menanamnya. Namun demikian jika Anda telah tahu, sebenarnya sangat simpel dan mudah sekali untuk dipelajari. Untuk Anda yang belum tahu cara menanamnya, setelah semua bahan siap, maka pasanglah tiang penahan hingga menyentuh dasar pot.

Baca Juga : Cara menanam singkong

Setelah itu, masukkan media yang Anda gunakan (arang, potongan pakis atau sabut kelapa) kemudian letakkan anggrek tersebut di atas media. Atur akarnya agar dapat menyebar rata, dan ikat batang anggrek pada tiang yang telah tersedia. Demikian Cara Menanam Anggrek Dalam Pot. cukup mudah bukan?