Cara Budidaya Buah Melon di Dalam Pot

CaraMenanam.Net – Panduan Cara Budidaya Melon di Dalam Pot tidaklah rumit. Kamu hanya perlu melakukan pembibitan kemudian penyemaian, dilanjutkan penanaman dan tunggulah sampai masa panen.

Pergi ke pasar atau supermarket dan berhenti di stand Buah Buahan dan Sayur Sayuran, kamu pasti melihat buah berwarna hijau atau kuning dan berbentuk bulat. Ya, itulah si buah melon yang manis dan segar. Satu kilo buah melon memang tidak mahal ketika sedang musim. Tapi gawat sekali kalau sudah tidak musim buah melon, harganya bisa selangit. Buat kamu pecinta buah melon dan ingin panen sendiri, sebaiknya budidaya buah melon saja. Buat kamu yang suka berkebun, Budidaya Buah Melon di Dalam Pot tidaklah sulit. Ikuti dan praktikkan penjelasan pada artikel ini sehingga kamu bisa panen buah melon yang besar dan manis, kualitas nomer wahid.

Pastinya yang kamu ketahui tanaman ini ditanam pada lahan luas. Tapi, pernahkah kamu berpikir bagaimana jika melon ditanam di pot. Memangnya bisa? Masa sih, seperti bunga saja ditanam di pot. Asal kamu tahu saja, melon bisa dibudidayakan di pot sehingga buat kamu yang tidak memiliki lahan luas, tetap bisa membudidayakannya. Lantas, bagaimana Cara Menanam Melon Yang Baik di pot?

Nah, untuk Budidaya Buah Melon di Dalam Pot ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Persiapkan bibit melon

Sekarang ini sudah banyak tempat yang menjual bibit melon berkualitas dan rentan terhadap serangan hama. Setelah mendapatkan benih, rendam benih ke dalam air yang dicampur dengan fungisida selama kurang lebih 12 jam. Perendaman tersebut bertujuan supaya benih lebih cepat dan mudah berkecambah. Setelah benih terlihat berkecambah, siapkan atau tanamlah di media semai yang telah disiapkan sebelumnya.

2. Media Tanam

Budidaya Buah Melon di pot yang selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang tepat yaitu campuran antara tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1 : 2 :3 supaya menghasilkan buah yang baik dan sehat. Masukkan campuran tersebut ke dalam pot dan tambahkan furadan 5 gr, NPK 20 gr, humic acid 1 liter lalau aduklah hingga rata. Pemberian furadan ini bertujuan supaya tumbuhan nantinya tidak mudah terserang penyakit. Kelihatannya memang sederhana, tapi banyak detail yang harus diperhatikan agar menghasilkan tanaman sehat.

3. Proses penanaman bibit

Cara menanam buah melon yang baik dan benar yang ketiga adalah proses penanaman bibit. Ketika bibit berumur 12-14 hari setelah masa penyemaian atau tanaman tersebut sudah berdaun 4, siram tanah pada media dengan air. Lakukan penanaman pada sore hari karena jika ditanam pagi hari tanaman tersebut akan terlalu lama menghadapi teriknya matahari sehingga rentan mati.

4. Pemasangan ajir

Apa itu ajir? Ajir adalah alat yang digunakan untuk menyanggah tanaman melon supaya tegak berdiri. Kuat tidaknya ajir menentukan tegaknya buah melon. Ajir biasanya terbuat dari bamboo yang ditancapkan ke tanah untuk menegakkan tanaman.

5. Pemangkasan dan pemilihan buah

Pemangkasan dan pemilihan buah termasuk salah satu cara menanam buah melon. Hal ini bertujuan untuk memilih buah mana yang sebaiknya dibesarkan dan mana yang harus dipangkas atau dibuang. Lihatlah pada cabang 7-12 lalu pilih salah satu untuk dibesarkan.

6. Pemupukan

Pemupukan adalah langkah penting yang harus kamu perhatikan dalam budidaya tanaman melon. Komposisinya harus tepat sehingga menghasilkan buah yang berkualitas dengan rasa enak dan terlihat segar.

7. Pengendalian Hama atau penyakit lainnya

Hampir semua tanaman rentang terhadap serangan hama dan penyakit. Melon sering sekali diserang oleh lalat buah dan tungau aphids serta penyakit lainnya. Hama ini bisa dihilangkan dengan memberikan pestisida dan akarisida.

Baca Juga : Cara Menanam Jamur Tiram

Fase terakhir adalah panen. Tentunya panen merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu. Pastikan buah yang hendak kamu petik sudah matang. Cara memetik buah melon adalah dengan memotong tangkainya. Demikian Cara Budidaya Buah Melon di Dalam Pot. Jadi, sekarang kamu bisa budidaya melon meski lahan terbatas ya. Selamat mencoba dan semoga sukses.