5 Tips Tentang Cara Menanam Bonsai

Cara Menanam – Cara menanam bonsai yang ada di dalam artikel ini dibuat dengan sederhana dengan tujuan untuk memudahkan para pembaca sekalian dalam mencerna informasi yang ada di dalamnya.

Bonsai merupakan salah satu jenis Tanaman Hias yang keberadaannya sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan, banyak juga orang yang rela menghabiskan uang dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan bonsai yang unik dan menjadi incaran mereka. Melalui artikel ini kita tidak akan membicarakan tentang pembelian bonsai. Namun kita akan membahas mengenai Cara menanam bonsai yang baik untuk menghasilkan tanaman bonsai unggulan serta berkualitas prima. Sehingga tanaman tersebut akan mempunyai daya tawar yang sangat tinggi di mata para pencinta tanaman hias tersebut. Untuk itulah, silahkan simak dengan cermat artikel ini untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang bonsai.

Ada 5 Tips Tentang Cara Menanam Bonsai yang bisa Anda ikuti seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Ganti pot secara berkala

Sediakan sebuah pot yang ukurannya sesuai dengan besar bonsai yang akan Anda rawat. Agar bonsai bisa tumbuh dengan baik, lakukan penggantian pot secara berkala, setidaknya setahun sekali. Hal ini untuk memudahkan akar bonsai dalam merambat yang juga berpengaruh terhadap pertumbuhan bonsai tersebut. Selain itu, lubangilah pot untuk menyediakan sirkulasi udara sekaligus sebagai tempat mengalirnya kelebihan air pada tanah. Buatlah beberapa lubang kecil secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Siram bonsai rutin

Lakukanlah penyiraman pada tanaman bonsai secara rutin untuk menjaga tingkat keberadaan air di dalam tanah. Penyiraman memang penting untuk dilakukan, namun jangan sampai Anda terlalu sering menyiram pot. Karena hal itu justru bisa berdampak pada pesatnya pertumbuhan jamur serta membusuknya akar dari tanaman bonsai. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kelembaban dari tanah pot bisa memakai tusuk gigi. Caranya sederhana, yakni menusukkannya ke tanah pot. Dengan menggunakan cara seperti ini maka Anda dapat mengetahui apakah sudah saatnya tanaman disiram atau tidak.

Menanam Bonsai

3. Seimbangkan jumlah pencahayaan

Seperti halnya tanaman lainnya, Budidaya Pohon bonsai juga memerlukan adanya pasokan cahaya matahari. Tanpa cahaya matahari, maka bonsai tidak akan tumbuh dengan baik. Sebaliknya, kelebihan cahaya matahari juga tidak baik untuk bonsai, karena bisa merusak tanaman hias yang satu ini. Jangan terlalu panas, serta tidak boleh terlalu dingin. Keseimbangan adalah kunci utama dari suksesnya membudidayakan tanaman bonsai agar tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tentunya untuk bisa menciptakan keseimbangan tersebut diperlukan pengetahuan yang cukup.

4. Lakukan perawatan sesuai jenis bonsai

Bonsai memiliki bermacam jenis yang berbeda. Setiap jenis bonsai memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Karena itulah perawatan untuk setiap jenis tanaman bonsai tentu berbeda. Antara bonsai yang satu dengan yang lain tidak bisa diperlakukan sama. Sama halnya dengan tanaman lain, bonsai pun juga perlu penanganan khusus terkait dengan beberapa hal yang sudah dibahas sedari awal tulisan ini. Maka untuk itu perlu dilakukan pencarian informasi terhadap bonsai yang Anda miliki. Tentang jenis dari bonsai tersebut, perawatan idealnya seperti apa, serta hal lainnya yang berhubungan.

5. Pemotongan dahan

Ada saatnya tanaman bonsai yang sudah Anda rawat semakin besar dengan dahan yang juga memanjang. Supaya tetap terlihat indah, perlu dilakukan pemotongan dahan. Hal yang seringkali dilakukan oleh banyak orang adalah memotongnya memakai gunting. Padahal hal tersebut tidak disarankan karena akan menghasilkan potongan yang tidak begitu bagus pada bonsai. Kalau Anda serius untuk merawat tanaman bonsai, maka belilah beberapa alat pemotong dengan fungsi yang beragam. Ada alat yang diperuntukkan untuk memotong, membentuk bonsai maupun membengkokkan dahan. Dengan memiliki sejumlah peralatan tersebut, maka bonsai bisa tumbuh dengan lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Baca Juga : Cara Menanam Ubi Jalar dan Cara Budidaya Tebu

Berakhir sudah pembahasan mengenai 5 Tips Tentang Cara Menanam Bonsai yang sudah tertuang di dalam tulisan sederhana ini. Jika ingin menekuni sesuatu, lakukan dengan passion dan semaksimal mungkin. Untuk itulah, sebagai bentuk keseriusan untuk menanam bonsai kesayangan Anda, maka ikutilah beberapa langkah yang telah Anda baca di dalam artikel ini. Panduan yang ada di sini hanyalah gambaran umum saja. Ketekunan, waktu serta jam terbang adalah hal berikutnya yang harus Anda jalani supaya dapat menghasilkan tanaman bonsai yang tidak kalah dengan kepunyaan orang lain. Silahkan ambil manfaat dari artikel ini.