Cara Menanam Talas Budidaya Yang Baik

adsense-fallback

Petani IndonesiaBudidaya Tanaman talas cukup mudah untuk dilakukan, tidak jauh berbeda dengan menanam Bengkuang atau tanaman lainnya. Penanaman dimulai dari pemilihan bibit tanaman talas yang berkualitas.

Bagi Anda yang belum pernah melakukannya mungkin merupakan hal yang sulit dilakukan. Atau bahkan mungkin Anda belum pernah menanam tanaman apapun, tentunya menanam talas memang akan terasa asing. Budidaya talas sendiri cukup mudah dilakukan jika Anda tekun dan telaten dalam menanam dan merawatnya hingga tumbuh subur. Selain itu tidak diperlukan keterampilan khusus agar Anda dapat menanam tanaman yang satu ini. Untuk hasil yang memuaskan, gunakan bibit yang berkualitas.

adsense-fallback

Langkah Sederhana Menanam Talas Yang Baik

Untuk bibit, Anda dapat menggunakan bibit yang berasa dari umbi atau disebut dengan tunas. Bibit ini merupakan bibit alami, carilah tunas dari tanaman talas yang sudah berumur 5 hingga 7 bulan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara menanam talas yang baik dan benar memang tidak sulit. Penanaman talas akan memberikan hasil memuaskan jika menggunakan bibit pilihan. Tunas yang baik dijadikan sebagai bibit adalah tunas yang ketiga atau yang kedua. Langsung saja, berikut adalah panduan menanam talas secara lengkap:

1. Persiapan bibit

Langkah awal penanaman talas adalah menyiapkan bibit, gunakan bibit yang berukuran sekitar 20 hingga 50 gram. Jika Anda menggunakan bibit talas hasil kultur dalam polybag maka gunakan bibit yang setidaknya sudah memiliki 2 helai daun.

2. Persemaian bibit

Setelah menyiapkan bibit, Anda dapat melakukan penyemaian bibit tersebut di tanah langsung. Atau Anda juga dapat menggunakan polybag, lakukan sesuai keinginan Anda. Pastikan untuk menggunakan tanah yang subur yaitu tanah yang mengandung unsur hara yang cukup. Tunggulah sampai bibit berumur 1 bulan dan mengeluarkan 2 helai daun. Pada saat itu bibit sudah siap untuk dipindah tanam ke tanah lapang.

3. Persiapan lahan

Cara menanam talas berikutnya yaitu dengan mempersiapkan lahan yang tepat. Lahan untuk menanam talas harus memiliki ketersediaan air yang cukup, terlebih lagi di musim kemarau. Olahlah lahan tersebut dengan menggunakan cangkul atau bahkan traktor. Dengan begitu lahan akan menjadi gembur dan siap digunakan untuk menanam talas. Jika sudah gembur, siram lahan dan taburi dengan pupuk kompos. Setelah itu, diamkan selama beberapa hari agar tanah siap digunakan untuk penanaman tanaman talas.

4. Penanaman

Untuk penanaman, buatlah lubang dengan kedalaman 20 cm dan diameter 30 cm. Masukkan pupuk kompos dan campur dengan tanah, perbandingannya yaitu 1:2. Sebelum melakukan penanaman bibit, lahan sebaiknya dialiri terlebih dahulu. Setelah itu lakukan penanaman bibit secara hati-hati agar penanaman berjalan sukses. Pindahkan bibit yang berada di polybag ke tanah yang sudah gemburkan tersebut.

5. Pemeliharaan

Sampai pada langkah ke-4 sebenarnya cara menanam talas sudah selesai. Namun Anda tidak boleh berhenti sampai di situ saja karena Anda juga harus menunggu sampai masa panen. Untuk itu, Anda harus melakukan pemeliharaan yang tepat untuk talas yang sudah Anda tanam tersebut. Untuk menjaganya agar tetap hidup dan tumbuh subur, pastikan untuk menyiram tanaman tersebut secara teratur. Anda dapat menyiram tanaman talas di pagi dan juga di sore hari, jangan lupa untuk memberi pupuk pada usia tertentu.

Jangan lupa untuk menjaga tanaman dari hama agar tanaman talas tumbuh dengan sehat. Talas yang siap dipanen adalah talas yang sudah berusia 5 hingga 9 bulan setelah ditanam di tanah lapang. Beberapa tanaman talas akan tampak berdaun layu jika sudah memasuki masa panen. Jika tanaman talas yang Anda tanam sudah berdaun layu, maka Anda dapat segera melakukan pemanenan. Masa panen ini tergantung dari jenis talas tersebut. Pasalnya, ada beberapa jenis talas yang umur 9 bulan baru dapat dipanen, ada juga yang berumur 4 bulan sudah dapat dipanen.

Baca Juga : Cara Menanam Anggrek dan Cara Menanam Bunga Melati

Untuk pemanenan, Anda hanya perlu mencabut pohon talas tersebut dengan kuat. Anda dapat membuang pelepahnya lalu mengumpulkan dan membersihkan ubinya. Pastikan Anda memanen talas pada usia yang tepat karena talas yang belum siap panen akan memiliki rasa yang kurang nikmat. Talas yang siap panen akan memiliki rasa kenyal dan pulen, oleh sebab itu rasanya nikmat. Jika talas dipanen pada saat yang tidak tepat tentu kualitas talas tersebut menurun. Demikian cara menanam talas yang cukup mudah untuk dilakukan.

adsense-fallback