Cara Menanam Pisang

adsense-fallback

Cara Menanam – Cara Menanam Pisang dapat memberikan pengaruh besar terhadap hasil panen. Tanam bibit pisang yang bagus untuk mendapatkan hasil yang berlimpah dan berkualitas.

Bagi Anda yang ingin menanam pisang dengan hasil melimpah, simak dan ikuti Cara menanam pisang berikut ini. Pisang adalah salah satu buah-buahan yang sangat populer dan banyak diminati. Pisang sendiri terbagi atas berbagai jenis, namun secara keseluruhan proses penanaman pisang hampir sama. Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini dapat dikonsumsi dalam kondisi segar ataupun diolah menjadi berbagai makanan. Anda dapat membuat pisang goreng, kue, puding dan masih banyak lagi makanan lainnya yang terbuat dari bahan utama pisang.

adsense-fallback

Pisang banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan segar, oleh sebab itu harga jual cukup tinggi. Terutama di daerah-daerah tertentu di Indonesia, harga pisang sangat tinggi bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Lalu, bagaimana cara menanam pisang yang mudah untuk dilakukan? Langsung saja, ini panduan lengkap bagi Anda yang ingin menanam pisang dengan hasil yang melimpah:

1. Pemilihan bibit

Apapun tanaman Buah Buahan yang akan Anda tanam, pemilihan bibit memang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan asal memilih bibit karena pengaruhnya terhadap hasil panen sangat besar. Pastikan bahwa Anda memilih bibit yang bagus sehingga hasil panennya juga lebih terjamin. Bibit pisang sendiri berupa tunas atau anak pohon pisang, pilih yang memiliki panjang sekitar 1 hingga 1,5 meter. Pilihlah bibit tersebut dari pohon pisang yang induknya mampu berbuah dengan baik dan sehat.

2. Persiapan bibit

Cara Menanam Pisang yang Benar dengan Hasil Panen Melimpah selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan bibit yang akan Anda gunakan. Anda dapat membeli bibit pisang di toko ataupun langsung dari kebun, potong bibit tersebut dari induknya. Bersihkan tanah yang masih menempel di akar bibit tersebut lalu simpan bibit selama 1 hingga 2 hari di tempat yang teduh. Selanjutnya, rendam bibit menggunakan air yang telah dicampur dengan insektisida sebatas leher selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu biarkan bibit tersebut mengering secara alami.

3. Pengolahan media tanam

Setelah menyiapkan bibit, Anda dapat menyiapkan dan mengolah media tanam yang akan Anda gunakan. Pisang umumnya, ditanam di lahan yang cukup luas dengan jarak yang tidak terlalu jauh antar pohonnya. Namun jika Anda menanam pisang di pekarangan rumah, Anda harus memilih lahan yang tepat. Pilih tanah yang subur, lembab dan juga gembur sehingga bagus untuk ditanami pohon pisang.

4. Penanaman bibit pisang

Cara menanam pisang yang bagus juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca. Penanaman pisang yang bagus sebaiknya dilakukan di bulan September hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut merupakan kondisi yang sangat bagus yaitu menjelang musim penghujan. Untuk penanamannya sendiri, Anda dapat membuat lubang dan beri pupuk organik pada lubang tersebut. Selanjutnya masukkan bibit ke dalam lubang tersebut dan timbun bagian bawahnya menggunakan tanah.

5. Pemeliharaan tanaman pisang

Untuk pemeliharaan tanaman pisang, Anda dapat melakukan penjarangan, penyiangan, perempalan dan pemupukan. Lanjutkan dengan pengairan dan juga penyiraman serta pemeliharaan buah pisang. Cara menanam pisang yang benar tentu akan menghasilkan buah pisang yang bagus dan banyak. Untuk pemeliharaan buah, potong jantung pisang jika jaraknya sudah cukup jauh dari sisir pisang yang terakhir. Kemudian bungkus buah pisang tersebut menggunakan kantung plastik atau karung.

Baca Juga : Cara menanam seledri

Anda dapat mengecek buah pisang yang sudah Anda bungkus dengan plastik atau karung tersebut dalam kurun waktu tertentu. Jika buah pisang tampak sudah cukup tua dan ada beberapa yang sudah matang, Anda dapat menebang pohon pisang tersebut. Buah pisang umumnya dapat dipanen setelah berumur 100 hingga 120 hari. Itulah cara menanam pisang yang benar demi mendapatkan hasil yang melimpah.

adsense-fallback