Cara Menanam Durian

adsense-fallback

Cara Menanam Cara menanam durian yang tepat yaitu dengan memilih bibit yang berkualitas. Tanam tanaman durian di lahan yang gembur, subur dan lembab serta memiliki ukuran cukup luas.

Berikut ini akan disampaikan mengenai Cara menanam durian yang paling simpel dengan metode yang tepat. Tanaman apapun yang Anda tanam haruslah dengan melalui proses penanaman yang tepat agar dapat memberikan hasil panen yang memuaskan. Tidak terkecuali untuk tanaman durian ini, Anda juga harus menanamnya dengan tepat jika ingin mendapatkan hasil panen yang berlimpah. Durian sendiri merupakan salah satu buah yang dijual dengan harga tinggi di Indonesia. Hanya untuk buahnya yang berukuran kecil, Anda harus membayar puluhan ribu rupiah.

adsense-fallback

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman Buah Buahan ini, lakukan cara menanam durian dengan tepat. Terlebih lagi jika tujuan Anda adalah untuk komersil, Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih. Walaupun penanaman durian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanennya, namun karena harga jualnya cukup tinggi maka tetap akan memberikan keuntungan bagi Anda. Oleh sebab itu, tanamlah durian dengan benar agar buah yang dihasilkan maksimal. Terlebih lagi jika Anda menanam durian montong, jenis durian yang paling banyak diminati.

Ini dia tips penanaman durian yang tepat:

1. Pilih bibit berkualitas

Pilihlah bibit durian yang berkualitas, dapat ditandai dengan bentuknya yang bagus. Pilih bibit yang memiliki daun segar dan terlihat subur. Anda dapat membeli bibit durian ini di tempat yang terpercaya.

2. Proses penanaman durian

Cara menanam durian yang pertama yaitu sediakan lahan untuk menanam bibit durian yang sudah Anda beli. Buatlah lubang yang cukup dalam untuk menanam bibit durian, setelah bibit dimasukkan timbunlah tanaman tersebut pada bagian bawahnya. Untuk hasil maksimal, pilihlah tanah subur yang biasanya gembur dan juga lembab. Anda juga dapat menambahkan pupuk ketika melakukan penanaman durian tersebut. Cukup gunakan pupuk organik ataupun pupuk kompos, lebih alami namun memiliki manfaat yang cukup besar.

3. Pemupukan

Anda dapat menggunakan pupuk yang diperoleh dari kotoran hewan, pupuk tersebut mengandung banyak nutrisi untuk tanaman. Jika Anda menggunakan pupuk yang tidak alami sebaiknya gunakan sedikit saja, jangan berlebihan karena tidak baik bagi pertumbuhan tanaman durian itu sendiri. Agar tidak memberikan masalah keesokan harinya, tanam durian di tempat yang cukup luas. Pohon durian memiliki ukuran yang cukup besar sehingga sebaiknya beri jarak dari pohon lain atau bangunan di sekitar. Cara menanam durian ini penting untuk disampaikan, jangan sampai pohon durian tidak dapat tumbuh maksimal karena lahan yang tidak tepat.

Untuk lubangnya sendiri, ukuran yang tepat untuk menanam bibit durian adalah sedalam 50 cm. Dengan ukuran tersebut, bibir durian tersebut dapat tumbuh dengan baik dan kokoh. Anda dapat menanam durian di dekat pohon yang lebih besar, tujuannya adalah untuk melindunginya ketika ada angin besar. Jika tidak maka sangat besar kemungkinan bibit durian tersebut roboh karena akarnya yang belum terlalu kuat. Namun jangan lupa, untuk tidak menanamnya terlalu dekat dengan pohon lainnya. Pastikan Anda melakukan cara menanam durian ini agar bibit durian yang Anda tanam dapat tumbuh subur.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar

Setelah Anda melakukan penanaman durian dengan cara-cara tersebut, Anda hanya tinggal menunggu tanaman ini tumbuh subur. Anda harus menunggu tanaman ini tumbuh besar terlebih dahulu baru kemudian menunggu tanaman ini berbuah. Jika tanaman tersebut sudah berbuah, Anda dapat memanennya kapan saja terutama pada musim durian. Rawatlah tanaman durian ini dengan baik dan benar, dengan begitu hasil panennya juga akan memuaskan. Buah yang akan dihasilkan tidak hanya akan banyak melainkan juga memiliki rasa yang manis. Demikian ulasan mengenai cara menanam durian dengan metode yang tepat.

adsense-fallback