Cara Menanam Cabe Merah Yang Benar

adsense-fallback

Cara Menanam Cabe Merah harus dilakukan dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dengan begitu hasil panen akan sangat memuaskan.

Membudidayakan cabe merah sebenarnya cukup mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika penanaman Cabe merah dilakukan secara asal, kemungkinan hasil panen kurang memuaskan. Oleh karena itu, penanaman cabai ini dilakukan secara baik dan benar agar hasil panen dapat memuaskan. Cabe sendiri termasuk komoditas sayuran pokok atau Sayuran yang sangat dibutuhkan di dalam dapur. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang terkenal dengan masakan tradisional dengan bumbu yang pedas. Bayangkan saja jika tidak ada cabai, tentu masakan Indonesia akan terasa hambar ataupun kurang nikmat.

adsense-fallback

Baik di Indonesia ataupun di negara lain, cabai merupakan komoditas sayuran yang sangat dibutuhkan. Bahkan permintaan pasar akan cabai semakin meningkat seiring semakin meningkatnya jumlah penduduk di berbagai negara. Untuk Anda yang ingin mengetahui cara menanam cabe merah yang benar, silakan simak baik-baik uraian berikut. Penanaman cabai merah sendiri dapat dilakukan di pekarangan rumah, di pot ataupun di kebun. Untuk uraian berikut ini akan membahas mengenai cara menanam cabai merah di kebun. Bagi Anda yang ingin menjadi petani cabai, pastikan simak uraian berikut ini.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan bagi Anda yang ingin menanam sayuran cabai:

1. Persiapan lahan

Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, pastikan Anda memilih dan mengelola lahan secara tepat. Lahan yang cocok untuk penanaman cabai adalah lahan dengan tanah yang berlempung pasir. Sebelum penanaman cabai, gemburkan terlebih dahulu tanah lalu taburkan pupuk kandang di atasnya. Dosis untuk pupuk kandang ini yaitu 1 ton untuk setiap hektar lahan yang akan Anda tanami cabai. Cara menanam cabe merah selanjutnya yaitu diamkan tanah selama kurang lebih 1 minggu. Setelah itu, buat bedeng dengan ukuran 120 cm untuk lebar dan panjang dapat disesuaikan dengan kondisi lahan.

Buatlah jarak antar bedeng sekitar 75 hingga 100 cm lalu tutupi setiap bedeng dengan plastik mulsa. Selanjutnya, buatlah lubang untuk penanaman cabai dengan bentuk zig-zag. Jarak antar lubang sebaiknya 50×60 cm, jarak ini merupakan jarak yang cukup ideal. Setelah itu, diamkan lahan selama kurang lebih 1 minggu sebelum akhirnya ditanami bibit cabai.

2. Pemilihan benih

Cara menanam cabe merah berikutnya yaitu pastikan memilih benih cabai yang berkualitas. Rendam biji cabai tersebut menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan obat perangsang perkecambahan. Diamkan selama kurang lebih semalam lalu tiriskan benih cabai tersebut. Benih tersebut dapat Anda tanam di polibag terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke kebun. Gunakan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 3:1, masukkan benih ke dalam tanah sedalam 1 cm. Setelah itu, tutupi dengan tanah tipis saja lalu rawat sampai benih cabai tersebut tumbuh. Biarkan benih cabai tumbuh di dalam polibag selama kurang lebih 30 hari, rawatlah dengan baik dan benar. Siram tanaman cabai sejak hari pertama secara teratur di pagi dan juga sore hari.

3. Penyemaian benih cabai

Cara menanam cabe merah yang benar selanjutnya yaitu lakukan penyemaian benih cabai. Benih yang sudah tumbuh di dalam polibag dapat Anda pindahkan ke lubang yang sudah disiapkan di bedengan. Penyemaian ini dapat Anda lakukan di pagi hari ataupun di sore hari. Tujuannya untuk menghindari terik matahari yang terlalu panas karena dapat membuat tanaman layu.

Baca Juga : Cara Menanam Kangkung

Itulah cara menanam cabai merah yang baik dan juga benar yang dapat Anda ketahui. Setelah dipindah ke bedengan atau ke kebun, rawatlah tanaman cabai tersebut sampai masa panen. Lakukan penyiraman secara rutin di pagi dan juga sore hari, terutama di musim kemarau. Taburkan juga pupuk tambahan agar tanaman cabai Anda dapat tumbuh subur. Waktu panen yang tepat untuk tanaman cabai merah yaitu ketika sudah berumur 60 hingga 70 hari sejak penyemaian. Sekian yang dapat disampaikan, semoga Cara menanam cabe merah ini dapat membantu Anda.

adsense-fallback