Cara Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah

adsense-fallback

Cara Menanam Bawang Putih bisa Anda lakukan di pekarangan rumah Anda sendiri atau di dalam pot yang cukup lebar. Jika Anda melakukan langkah dengan benar, 100 hari Anda sudah dapat memanen.

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang selalu ada dan setia di dapur. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbunya. Dikarenakan setiap memasak Anda selalu membutuhkan bawang putih, mengapa tidak mencoba menanamnya saja? Cara Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah akan kami ulas di sini akan kami berikan rahasia mudahnya dalam membiakkan bawang putih. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran Anda, karena semakin hari harga bawang putih semakin melonjak saja harganya.

adsense-fallback

Ketika Anda berhasil mempraktekkan cara menanam bawang putih yang akan kami berikan tips-tipsnya, maka bersiaplah Anda memanen kebun bawang putih sendiri. Jika Anda tidak mempunyai kebun, itu tidak masalah, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah atau di dalam pot yang cukup lebar. Pastikan agar tanah sebagai media tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup serta mempunyai drainase yang cukup. Jika Anda berhasil, maka tidak perlu kalang kabut jika Anda kehabisan bawang putih di rumah. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak apa saja yang harus dipersiapkan untuk membiakkan bawang putih.

Langkah-langkah Menanam bawang putih di rumah ini cukup mudah untuk diterapkan. Nah, berikut ini adalah langkah dalam menanam bibit bawang putih menurut blog para Petani Indonesia.

1. Menyiapkan bibit bawang putih

Untuk menyiapkan bibit bawang putih, Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket. Ini adalah hal mendasar sebagai cara menanam bawang putih, menanamnya bukan menggunakan biji tetapi dengan umbinya. Kemungkinan di daerah Anda tidak ada toko yang menjual bawang putih khusus untuk ditanam, jadi Anda bisa membeli bawang putih yang biasa untuk dimasak yang bisa Anda beli di pasar atau di supermarket. Setelah itu, diamkan di dalam kulkas selama 1-2 minggu. Suhu dingin bisa membuat akar-akarnya tumbuh di dalam suhu yang dingin.

2. Siapkan tanah yang gembur

Sebagai media Cara menanam bawang putih, Anda perlu menyiapkan tanah secukupnya yang gembur. Tanahnya diberi pupuk terlebih dahulu yaitu pupuk kompos. Gemburkan tanah dengan pupuk itu dan berilah air yang cukup. Lubangi tanah yang gembur tersebut dengan kedalaman 2 centi meter. Kemudian jarak tanamnya adalah sekitar 10 cm. Jika umbi bawang putih sudah keluar akar-akarnya cukup banyak maka langkah selanjutnya adalah menanam umbi bawang putih tersebut.

3. Memupuk dan mengairi tanaman bawang putih

Seperti halnya menanam Tanaman Pangan yang lain bahwa mereka membutuhkan air dan pupuk untuk nutrisi dan menunjang kehidupannya. Begitu juga dengan cara menanam bawang putih juga harus diairi dan dipupuk. Tetapi harus diingat bahwa dalam mengairinya tidak boleh berlebihan, karena bawang putih tidak menyukai tanah atau media yang becek. Untuk pemupukan, cukup dilakukan dengan pupuk kAndang seminggu sekali. Lakukanlah dengan telaten, karena apapun yang tidak dijaga dengan baik nantinya tidak akan Anda dapatkan. Nah, setelah waktu sekitar 100 hari Anda bisa memanen bawang putih.

Baca Juga : Cara Menanam Sirih dan Cara Menanam Wortel

Tanda-tanda bawang putih sudah siap dipanen adalah ketika daunnya sudah memanjang dan ada yang berwarna kuning. Jangan tunggu sampai daun-daunnya terlalu layu karena ketika bawang putih terlalu tua akan mengeriput. Tetapi juga jangan terlalu cepat memanen karena jika belum saatnya dipanen maka bawang putih itu tidak akan tahan lama jika disimpan. Nah, selain Cara Menanam Bawang Putih Sendiri Di Rumah yang sudah diulas di atas, selanjutnya adalah cara memanen bawang putih ini dengan cara menggunakan sekop untuk mengambil bawang putih agar bawang putih tidak rusak. Nah, setelah itu baru Anda ambil umbi bawang putihnya untuk dimasak dan disimpan di dapur kesayangan Anda. Selamat mencoba.

adsense-fallback